Senin 14 Mar 2022 17:51 WIB

Torehan Rekor Gerard Pique Bersama Barcelona di Laga Kontra Osasuna

Pique di peringkat kelima dalam daftar pengoleksi penampilan terbanyak di Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Barcelona, Gerard Pique. Pique sudah memainkan 600 laga bersama Barcelona.
Foto: AP/Manu Fernandez
Bek Barcelona, Gerard Pique. Pique sudah memainkan 600 laga bersama Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lawatan Osasuna ke markas Barcelona, Stadion Camp Nou, menandai torehan rekor baru buat Gerard Pique. Laga pada jornada ke-28 La Liga Spanyol, Senin (14/3/2022) dini hari WIB tersebut, menjadi laga ke-600 Pique bersama Blaugrana.

Dalam kemenangan Barcelona, 4-0, atas Osasuna itu, Pique tampil sejak menit pertama. Namun, bek tengah asal Spanyol itu ditarik keluar oleh pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, pada menit ke-61.

Baca Juga

Posisi Pique digantikan oleh bek tengah asal Prancis, Clement Lenglet. Kendati tidak menyelesaikan laga itu secara penuh, Pique tetap menajamkan catatan rekornya di buku sejarah Blaugrana.

Bek tengah berusia 35 tahun itu memantapkan posisinya di peringkat kelima dalam daftar pengoleksi penampilan terbanyak di sepanjang sejarah klub asal Katalan tersebut. Pada Februari lalu, Pique menggeser mantan rekan setimnya, Carlos Puyol, di posisi tersebut.

Puyol diketahui telah mengemas 593 penampilan besama Blaugrana di semua ajang. Catatan penampilan Puyol ini terhenti seiring keputusannya pensiun pada 2014 silam.

Namun, Pique terus menambah koleksi penampilannya. Total, Pique telah mengemas 600 penampilan di semua ajang, terpaut 67 laga dari Sergio Busquets, yang menempati peringkat keempat.

Berdasarkan lansiran Marca, Pique telah mengoleksi 387 penampilan di La Liga, 122 kesempatan merumput di arena Liga Champions, dan di ajang Copa Del Rey sebanyak 65 penampilan. Mantan bek tengah Manchester United itu mulai merumput bersama tim utama Barcelona pada 2008.

Jebolan akademi sepak bola Barca, La Masia, itu direkrut kembali oleh Barcelona dengan nilai transfer sebesar lima juta poundsterling. Sejak saat itu, Pique secara perlahan terus menjadi andalan di lini belakang Blaugrana.

Dari 600 kesempatan membela Barcelona hingga saat ini, Pique berhasil mengantarkan Barcelona memetik 410 kemenangan dan menyumbang 53 gol serta 13 assist. Hingga kini, Pique telah mempersembahkan total 30 trofi buat Blaugrana, termasuk delapan trofi La Liga, tujuh titel Copa del Rey, dan tiga gelar juara Liga Champions.

Kendati telah menginjak usia 35 tahun, Pique terbukti masih menjadi andalan dalam mengawal jantung pertahanan Blaugrana. Pada musim ini, Pique tercatat telah tampil di 34 laga di semua ajang. Catatan penampilan Pique bersama Blaugrana pun kemungkinan besar akan terus bertambah.

''Hari saat saya berhenti bermain buat Barcelona adalah hari saat saya pensiun dari sepak bola. Saya tidak akan pernah memperkuat tim lain,'' ujar Pique usai menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2024 seperti dilansir Marca, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement