Senin 14 Mar 2022 16:22 WIB

Bertemu Cak Imin, Bicara Penundaan Pemilu? Ini Penjelasan Anggota KPU Terpilih

Pertemuan Cak Imin dan anggota KPU Bawaslu terjadi pekan lalu.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Indira Rezkisari
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar beraudiensi dengan anggota KPU dan Bawaslu terpilih pada Kamis (10/3/2022) lalu.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar beraudiensi dengan anggota KPU dan Bawaslu terpilih pada Kamis (10/3/2022) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengunggah foto bersama para anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih di media sosialnya. Menurut anggota KPU terpilih, Hasyim Asy'ari, pertemuan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah audiensi atas undangan pimpinan DPR.

"Pada hari Kamis 10 Maret 2022, tujuh calon anggota KPU terpilih dan lima calon anggota Bawaslu terpilih, diundang oleh pimpinan DPR," ujar Hasyim saat dikonfirmasi Republika, Senin (14/3/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, pimpinan DPR lainnya yang juga berkesempatan menemui jajaran anggota KPU-Bawaslu terpilih adalah Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Sedangkan, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus dan Rahmat Gobel tidak dapat menemui karena disebut sedang bertugas di luar kantor dan daerah pemilihan (dapil).

Hasyim menyebutkan, topik yang disampaikan dalam audiensi tersebut agar para anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 bekerja berdasarkan konstitusi dan Undang-Undang Pemilu. Dalam audiensi juga dipesankan agar KPU dan Bawaslu bekerja secara profesional, mandiri, akuntabel, dan transparan.

Dia juga mengatakan, tujuh calon anggota KPU dan lima anggota Bawaslu terpilih menyampaikan, lembaga penyelenggara pemilu yang karakternya adalah layanan, yaitu melayani pemilih dalam menggunakan haknya dan peserta pemilu. "Oleh karena itu, agar layanan berjalan efektif, diharapkan digunakan metode komunikasi yang strategis," kata Hasyim.

Ketujuh anggota KPU terpilih itu antara lain August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Idham Holik, M Afifuddin, Parsadaan Harapan, dan Yulianto Sudrajat. Sementara, kelima anggota Bawaslu terpilih yakni Rahmat Bagja, Puadi, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, dan Totok Hariyono.

Sebelumnya, tiga hari yang lalu, Cak Imin mengunggah foto bersama para anggota KPU dan Bawaslu terpilih. "Penting. Kedatangan tamu-tamu penting, pengawal demokrasi yang fair, adil, dan akuntabel. Para anggota KPU dan Bawaslu. Ada yang kenal?" tulis Muhaimin dikutip dari akun Instagram pribadinya @cakiminow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement