Senin 14 Mar 2022 10:57 WIB

Mengenal Hari Matematika Internasional yang Diperingati Tiap 14 Maret

Hari Matematika Internasional ditetapkan pada Konferensi Umum ke-40 UNESCO

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Para siswa kelas VI SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo mengikuti pembelajaran Matematika menggunakan media kartu poker. Hari Matematika Internasional ditetapkan pada Konferensi Umum ke-40 UNESCO. Ilustrasi.
Foto: SD Muhammadiyah PK Solo
Para siswa kelas VI SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo mengikuti pembelajaran Matematika menggunakan media kartu poker. Hari Matematika Internasional ditetapkan pada Konferensi Umum ke-40 UNESCO. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ada banyak hari perayaan di seluruh dunia. Namun tahukah Anda ada Hari Matematika Internasional yang jatuh pada 14 Maret? Tanggal 14 Maret ditetapkan sebagai Hari Matematika Internasional pada Konferensi Umum ke-40 UNESCO pada November 2019.

Sebelumnya di banyak negara, 14 Maret sudah diperingati sebagai Hari Phi. Phi adalah salah satu konstanta matematika paling populer yakni 3,14. Hari Phi kemudian mengambil angka dari konstanta tersebut sehingga perayaannya digelar pada tanggal 14 bulan 3.

Baca Juga

Hari Matematika Internasional pertama kali dirayakan pada 14 Maret 2020, dengan mengambil tema Mathematics is Everywhere. Kemudian pada tahun 2021, tema yang diangkat adalah Mathematics for a Better World. Tahun ini, Hari Matematika Internasional dirayakan dengan tema Mathematics Unites, yang diusulkan oleh Yuliya Nesterova, seorang mahasiswa pascasarjana dari University of Ottawa Kanada.

Diselenggarakan oleh International Mathematical Union, Hari Matematika Internasional tahun ini dirayakan di lebih dari 90 negara secara virtual maupun tatap muka, termasuk perayaan di dalam kelas. Keistimewaan dari perayaan Hari Matematika Internasional tahun ini adalah Mathematics Unites Photo Challenge. Lebih dari 3.270 partisipan yang terdiri dari individu, sekolah, dan organisasi telah mengirimkan foto di laman www.idm314.org yang menggambarkan Mathematics Unites.

Merujuk dari laman resmi UNESCO, Hari Matematika Internasional bertujuan untuk menunjukkan peran dasar yang dimainkan ilmu matematika dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta memperkuat dua prioritas UNESCO yaitu Afrika dan kesetaraan gender. Sementara jika mengutip dari laman resmi Internasional Days of Mathematics, perayaan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, perempuan dan anak perempuan, serta masyarakat umum agar dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya matematika dalam pendidikan.

Kemudian, menekankan pentingnya ilmu matematika sebagai benih terobosan teknologi dan pengelolaan masyarakat, menyoroti peran matematika dalam organisasi masyarakat modern termasuk sistem ekonomi, keuangan, kesehatan, transportasi, dan telekomunikasi dalam upaya kesejahteraan manusia, serta memerangi bencana hingga epidemi. Selain itu, Hari Matematika Internasional juga diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan kapasitas dalam pendidikan matematika dan ilmiah dengan fokus khusus pada anak perempuan dan anak-anak dari negara berkembang, serta mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan dalam matematika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement