Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

10 Brand Terima Penghargaan karena Dukung UKM

Ahad 13 Mar 2022 18:52 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Praktisi bisnis Rhenald Kasali (kiri) saat mengisi seminar pada kegiatan Empowering SMEs to Recover Stronger di Rumah Perubahan, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/3/2022). Briefer berkolaborasi dengan IGICO Advisory dan Rumah Perubahan memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada 10 brand yang konsisten memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Praktisi bisnis Rhenald Kasali (kiri) saat mengisi seminar pada kegiatan Empowering SMEs to Recover Stronger di Rumah Perubahan, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/3/2022). Briefer berkolaborasi dengan IGICO Advisory dan Rumah Perubahan memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada 10 brand yang konsisten memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
10 brand dinilai secara berkesinambungan mengembangkan dan menggerakkan pelaku UKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Briefer berkolaborasi dengan IGICO Advisory dan Rumah Perubahan memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada 10 brand yang konsisten memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian acara seminar diskusi, pameran UKM dan coaching clinic “Empowering SMEs to Recover Stronger” yang digelar secara hybrid pada Jumat (11/3).

Dalam sambutan acara, Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi mengatakan bahwa kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Maka dukungan dan peran serta dari berbagai pihak terkait sangat diperlukan agar UKM bisa bersaing di ranah global mulai dari pemasaran hingga teknologi digital.

Founder sekaligus Chief Executive Officer Briefer Aditya Sani mengatakan selama ini tak sedikit brand yang secara berkesinambungan mengembangkan dan menggerakkan pelaku UKM. Baik melalui edukasi pengembangan usaha, maupun berbagai macam bentuk fasilitasi dalam memberdayakan UKM di Indonesia.

Hal itu tak terlepas dari posisi UKM yang sangat strategis, yakni sebagai tulang punggung ekonomi negara. UKM menyedot porsi 90 persen lebih terhadap total pelaku usaha di Tanah Air dan berkontribusi hingga 61 persen terhadap PDB.

“Oleh karena itu, penghargaan ini kami berikan terhadap brand karena telah berkontribusi dalam pemberdayaan pelaku usaha di segmen UKM," katanya.

Upaya tersebut harus diapresiasi karena menggambarkan kolaborasi dalam pembangunan ekonomi di mana pelaku usaha skala besar. Juga pemerintah dapat mendorong dan menopang pertumbuhan pelaku ekonomi di segmen yang jauh lebih kecil.

Penghargaan diberikan kepada brand dari berbagai kategori, yaitu Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, E-Commerce, E-Payment, Ride Hailing, Logistic Service, Penyelenggara Internet, Media, Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi.

Aditya menjelaskan kriteria penilaian yang menjadi dasar dari pemberian penghargaan ini adalah aktivitas kampanye komunikasi, komitmen beraksi, dan berbagai inovasi yang diciptakan untuk membantu pelaku UKM. Juga dampak yang berkelanjutan atas berbagai aktivitas dari brand kepada pelaku UKM di Indonesia.

Briefer bersama IGICO dan Rumah Perubahan berharap, penghargaan ini akan menjadi pendorong dan motivasi bagi para pemilik brand agar terus berupaya secara konsisten bertumbuh. Terutama di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung.

Adapun penghargaan Brand Pemberdaya UKM diberikan kepada:

● Kategori Bank Konvensional - Bank BRI

● Kategori Bank Syariah - Bank BSI

● Kategori E-Payment - OVO

● Kategori E-Commerce - Tokopedia

● Kategori Penyedia Internet - Indihome

● Kategori Ride Hailing - Grab

● Kategori Pemerintah Daerah - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

● Kategori Pemerintah Kota - Pemerintah Kota Surakarta

● Kategori Ekspedisi Logistik - JNE

● Kategori Media - Bisnis Indonesia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA