Ahad 13 Mar 2022 14:49 WIB

Pup Berwarna Hitam? Waspadai Gejala Kanker Usus

Seseorang harus memperhatikan kotoran mereka jika berubah warna atau bentuk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Waspadai gejala kanker usus jika pup atau feses berwarna hitam. (ilustrasi)
Foto: ist
Waspadai gejala kanker usus jika pup atau feses berwarna hitam. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kotoran atau feses seseorang dapat memberi tahu banyak hal tentang kesehatan tubuh. Jika kotorannya berwarna hitam dan lembek, itu merupakan tanda orang tersebut telah menelan suplemen zat besi atau obat yang mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai bismut.

Bismut biasanya dapat ditemukan dalam obat-obatan seperti Pepto-Bisomol. Menurut John Hopkins Medicine, itu mungkin merupakan tanda tubuh kehilangan darah di tempat lain, khususnya, di dalam saluran pencernaan, di perut atau usus kecil.

Baca Juga

John Hopkins Medicine merekomendasikan seseorang harus mengawasi kotoran mereka jika berubah, bentuk, berubah warna, berminyak atau berminyak, atau pensil tipis. Feses bisa menjadi penting, bahkan, itu bisa menyelamatkan nyawa.

Dilansir di laman Express, Ahad (13/3/2022), perubahan kebiasaan buang air besar (BAB) bisa menjadi salah satu tanda kanker usus. Gejala kanker usus termasuk pendarahan dari bagian bawah, darah di kotoran, perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan. Selain itu, mereka juga mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan ekstrem tanpa alasan yang jelas, dan rasa sakit atau benjolan di perut.

Bowel Cancer UK mencantumkan sejumlah kondisi lain yang mungkin menjadi gejala kanker usus. Sembelit, diare, wasir, fisura anus, penyakit divertikular, penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa adalah semua kemungkinan kondisi yang dapat ditunjukkan oleh gejala kanker usus.

Meskipun ini semua adalah tanda-tanda kanker usus, jika dialami secara terpisah, itu mungkin bukan kanker. Misalnya, darah dalam kotoran seseorang bisa menjadi tanda pendarahan gastrointestinal internal, sementara penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah gejala kanker lainnya.

Berkenaan dengan kebiasaan buang air besar, Bowel Cancer UK mengatakan mungkin ada beberapa alasan untuk ini. "Darah merah cerah mungkin berasal dari pembengkakan pembuluh darah di bagian belakang Anda," ujar badan amal itu.

Namun, hanya karena gejala ini mungkin bukan kanker, tidak berarti seseorang harus membiarkannya begitu saja. Jauh lebih baik untuk memeriksakan gejala-gejalanya dan agar tidak menjadi kanker, dibandingkan membiarkannya dan mencari tahu ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk mengatasinya lebih awal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement