Sabtu 12 Mar 2022 16:54 WIB

Prabowo: Yunani Negara Eropa Pertama yang Mengakui Kedaulatan NKRI

Prabowo mendesak semua pihak memulai perundingan damai soal krisis Ukraina.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu Menhan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Kota Athena, Jumat (11/3/2022).
Foto: Dok Kemenhan
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu Menhan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Kota Athena, Jumat (11/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo melakukan kunjungan kehormatan untuk bertemu Menhan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Kota Athena, Yunani, Jumat (11/3/2022). Dalam pertemuan itu, kedua menhan membahas peningkatan kerja sama pertahanan antara kedua negara dan isu strategis lainnya terkait pertahanan.

Prabowo disambut hangat dengan upacara jajar kehormatan oleh Menhan Yunani beserta pejabat utama pertahanan Yunani yang turut hadir. Pembahasan dalam pembicaraan bilateral antara kedua menhan mencakup bidang kerja sama pertahanan bilateral, pendidikan dan pelatihan, serta alutsista. (Baca: Jokowi Tiga Periode, Luhut Jadi Menteri Sampai 2024 dan Siap Jadi Penasihat Presiden)

Baca Juga

"Kami melakukan diskusi yang bermanfaat dan produktif. Yunani dan Indonesia memiliki hubungan yang baik. Yunani adalah salah satu negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan NKRI," kata Prabowo dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (12/3/2022). Prabowo didampingi Asisten Khusus Menhan Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin dan beberapa pejabat Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Sejak 2015, RI dan Yunani telah menjalin kerja sama yang baik di bidang industri pertahanan. Perusahaan Yunani Theon Sensors telah bekerja sama dengan PT Pindad (Persero) untuk produksi bersama teropong bidik senapan malam (TBSM) yang diproduksi di Pindad, dan pembangunan lini assembly, serta penjualan bersama. Kerja sama itu bertujuan agar proses alih teknologi yang dilakukan berjalan secara lebih maksima.

Menhan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos, mengatakan, negaranya memiliki tujuan utama untuk lebih memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang politik dan ekonomi, serta memperluas kerja sama pertahanan, yang difokuskan pada bidang perdagangan, maritim, perkapalan, penelitian dan pengembangan, pariwisata dan industri pertahanan.

Prabowo juga menyinggung posisi Indonesia terkait situasi di Ukraina. "Kami mendesak semua pihak dalam situasi Ukraina untuk segera memulai dialog damai dan menyelesaikan masalah. Kami berharap dan berdoa untuk hasil damai dalam krisis di Ukraina," kata mantan panglima Kostrad tersebut.

Baca: Megawati Raih Penghargaan Tokoh yang Atasi Krisis 1998, tapi Sejarah Mencatat Habibie

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement