Ahad 13 Mar 2022 00:55 WIB

Israel Berlakukan Kembali Larangan Pernikahan dengan Keluarga Palestina

Israel melarang penyatuan antara warganya dengan pasangan dari negara musuh

Rep: Alkhaledi kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Sepasang suami istri dengan masker selama pernikahan di kota Hebron, Tepi Barat, Palestina
Foto: EPA-EFE / ABED AL HASHLAMOUN
Sepasang suami istri dengan masker selama pernikahan di kota Hebron, Tepi Barat, Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Parlemen Israel, Knesset menyetujui Undang-Undang Kewarganegaraan dan Masuk ke Israel yang melarang penyatuan keluarga Palestina. Kebijakan ini akan melarang  Menteri Dalam Negeri memberikan status kependudukan kepada warga Palestina dari Tepi Barat dan Jalur Gaza yang menikah dengan warga Palestina Israel.

Aturan ini juga akan melarang penyatuan antara warga negara atau penduduk Israel dengan pasangan dari "negara musuh", termasuk Suriah, Lebanon, Irak, dan Iran.

“Kewarganegaraan Israel dan Masuk ke dalam Hukum Israel adalah salah satu undang-undang yang paling rasis dan diskriminatif di dunia.  Tidak ada negara lain yang melarang warganya menggunakan hak dasar mereka untuk kehidupan keluarga, hanya berdasarkan identitas nasional atau etnis mereka,"kata Pusat Hukum untuk Hak Minoritas Arab di Israel, Adalah dilansir dari Wafa News, Kamis (10/3/2022).

"Selama 18 tahun, Knesset telah berulang kali memperbarui larangan tersebut, dan negara telah membela legalitas tindakan tersebut di hadapan Mahkamah Agung Israel menggunakan argumen keamanan yang tidak berdasar. Fasad ini akhirnya telah dihapus, karena penggagas UU saat ini belum, bahkan untuk sesaat, menyembunyikan tujuan mereka, yaitu mempertahankan mayoritas Yahudi.

Para legislator disebut melegitimasi tindakan mereka pada Undang-Undang Negara-Bangsa Yahudi 2018, yang secara konstitusional mengabadikan supremasi Yahudi atas Palestina.

"Kami akan menantang UU ini di hadapan Mahkamah Agung Israel, dan hakim sekarang harus memutuskan apakah, ketika dihadapkan dengan bahasa eksplisit UU, mereka akan terus membiarkan UU rasis ini dilindungi dengan dalih temporalitas abadi," katanya.

Hukum yang diadopsi hari ini oleh Knesset Israel memasukkan ketentuan dari versi sebelumnya dari perintah sementara yang awalnya diberlakukan pada tahun 2003 untuk jangka waktu satu tahun, kata Adalah.  Knesset telah memperpanjang undang-undang sebelumnya 21 kali selama 18 tahun terakhir.

Namun, pada 6 Juli 2021, undang-undang tersebut berakhir setelah Knesset gagal mencapai mayoritas yang diperlukan untuk memperpanjangnya.  Khususnya, kegagalan untuk memperpanjang undang-undang sebelumnya bukan karena kurangnya kemauan politik, melainkan faksi-faksi politik yang bersaing yang gagal mencapai kompromi.  Sejak kedaluwarsanya, empat tagihan berbeda telah diperkenalkan di Knesset, dan kemudian dikonsolidasikan ke dalam Undang-undang saat ini.

Berbeda dengan undang-undang sebelumnya, undang-undang baru mencakup bagian yang secara eksplisit menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk memastikan mayoritas demografis Yahudi.  Bagian tersebut menyatakan: “Tujuan undang-undang ini adalah untuk menetapkan pembatasan kewarganegaraan dan tempat tinggal di Israel oleh warga negara atau penduduk negara yang bermusuhan atau dari kawasan, di samping pengaturan yang tidak teratur untuk izin tinggal atau izin tinggal di Israel. Semuanya dengan mempertimbangkan  fakta bahwa Israel adalah negara Yahudi dan demokratis, dan dengan cara yang akan menjamin perlindungan kepentingan vital bagi keamanan nasional negara tersebut."

Undang-undang baru ini juga memperkenalkan beberapa item lain, seperti persyaratan formal Menteri Dalam Negeri untuk membentuk komite untuk memeriksa aplikasi untuk alasan kekerasan dalam rumah tangga, dan kuota tahunan maksimum izin untuk alasan kemanusiaan, berdasarkan jumlah aplikasi yang disetujui di  2018.

Pada tahun-tahun berikutnya, Menteri Dalam Negeri akan dapat menentukan kuota maksimum izin atau izin tahunan, dengan persetujuan Pemerintah dan Knesset.  Undang-undang tersebut juga mewajibkan Menteri untuk melaporkan jumlah izin yang diterbitkan, serta jumlah penolakan atas permohonan yang diajukan.

Meskipun undang-undang tersebut berakhir pada Juli 2021, Israel tidak mengubah kebijakan rasisnya yang mencegah reunifikasi keluarga Palestina.  Menteri Dalam Negeri Ayelet Shaked memerintahkan Otoritas Kependudukan dan Imigrasi kementerian, yang meninjau permintaan reunifikasi keluarga, untuk terus menerapkan undang-undang meskipun telah kedaluwarsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement