Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Bank Syariah Indonesia Dukung Lahirnya Badan Usaha Milik Pemuda

Sabtu 12 Mar 2022 16:11 WIB

Red: Gita Amanda

Bank Syariah Indonesia menyelenggarakan Ngobrol Santai bersama para aktivis kemahasiswaan dan kepemudaan yang tergabung dalam Cipayung Plus di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Bank Syariah Indonesia menyelenggarakan Ngobrol Santai bersama para aktivis kemahasiswaan dan kepemudaan yang tergabung dalam Cipayung Plus di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Foto: BSI
Badan Usaha Milik Pemuda jadi harapan baru menciptakan lapangan pekerjaan

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dalam rangka membangun ekonomi secara fundamental, sebagai proses kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara, Talenta Wirausaha roadshow dan onboarding Bank Syariah Indonesia (BSI) hadir di Makassar pada Jumat (11/3/2022). Dalam kesempatan ini, Bank Syariah Indonesia juga menyelenggarakan Ngobrol Santai bersama para aktivis kemahasiswaan dan kepemudaan yang tergabung dalam Cipayung Plus di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan, di antaranya HMI, IMM, PMII, KAMMI, PMKRI, GMKI, GMNI, LMND. Hadir juga perwakilan HIMPI Makassar dalam acara ini.

Dalam diskursus bersama Komisaris Independen BSI M. Arief Rosyid Hasan yang juga merupakan aktivis milenial, BSI mengajak seluruh aktivis kepemudaan yang bergabung Dalam Cipayung Plus Kota Makassar dan Sulawesi Selatan untuk menjadi pilot project dalam pengembangan wirausaha di kalangan pemuda dan aktivis.

Baca Juga

"Sudah tidak ada waktu lagi untuk duduk dan menunggu. Untuk membangun sistem ekonomi yang baik maka dibutuhkan inisiasi bagi kaum pemuda; dimulai dari aktivis sebagai motor penggerak sosial. Program yang ditawarkan Bank Syariah Indonesia adalah dimana organisasi aktivis yang ada dapat memberikan ruang kepada seluruh kadernya dalam pengembangan di bidang wirausaha dan BSI hadir sebagai fasilitator dan juga men support aktivitas pengembangan wirausaha muda," kata Arief dalam siaran persnya.

Turut hadir dalam diskusi ini, Tenaga Ahli Menteri Perdagangan RI, Phirman Rezha; Tim Menteri Investasi RI, Andi Ashadi; dan Deputi RO X BSI Makassar, Teguh. Melalui program Talenta Wirausaha BSI 2022, BSI berupaya akan menciptakan talenta wirausaha yang dapat mendongkrak sistem perekonomian bangsa. Dalam agenda kali ini turut hadir organisasi Cipayung Plus, HMI Cabang Makassar dan HMI Badko sulselbar, IMM Sulsel, GMKI Cabang Makassar, PMKRI Cabang Makassar, KAMMI Makassar, GMNI Cabang Makassar, LMND Cabang Makassar. Semuanya bersepakat akan berkolaborasi sesama organisasi dan juga bersama Bank Syariah Indonesia, dengan Konsep Badan Usaha Milik Pemuda yang dimulai di Makassar, sebagai pilot project di Indonesia.

Dalam bentuk Koperasi, badan usaha milik. Pemuda yang akan dikelola bersama antar organisasi, gina menciptakan talenta wirausaha muda yang kreatif dan kompetitif. Ini merupakan ruang pertama bagi aktivis dan pemuda untuk dapat berwirausaha, hal ini juga menjadi legacy atau peninggalan bagi setiap aktivis untuk negara dan bangsa.

Dalam kesempatan ini, para aktivis berikrar bersama sebagai berikut:

Komitmen Aktivis di Makassar, Sulawesi Selatan

1.Kesepakatan untuk mendirikan Badan Usaha Milik Pemuda dengan badan hukum Koperasi. Isinya aktivis Cipayung Plus di Makassar yang akan mendorong kebangkitan ekonomi oleh anak-anak muda, penandatanganan akta notaris Jumat-Sabtu, 11-12 Maret 2022.

2.Kesepakatan untuk mendaftarkan berbagai usaha anak muda dari aktivis cipayung plus dalam program Talenta Wirausaha BSI, sebagai ikhtiar mendorong usaha pemuda naik kelas. Aktivis adalah aktor utama penggerak pemuda sehingga penting memiliki keberpihakan kepada mereka.

3.Kesepakatan untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Pemuda di Makassar sebagai percontohan untuk seluruh Indonesia. Komitmen ini akan diperluas dengan kolaborasi lintas sektor atau pentahelix yakni Pemerintah, Pelaku Usaha, Media, Masyarakat, dan Akademisi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA