Jumat 11 Mar 2022 21:45 WIB

Distan: Produksi Kentang Kabupaten Bandung Penuhi 26 Persen Kebutuhan Jabar

Distan catat produksi kentang Kabupaten Bandung memenuhi 26 persen kebutuhan Jabar.

Petani memanen kentang di kawasan bukit Puncak Bintang, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Produksi kentang dari Kabupaten Bandung mencukupi 26 persen kebutuhan Jawa Barat.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Petani memanen kentang di kawasan bukit Puncak Bintang, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Produksi kentang dari Kabupaten Bandung mencukupi 26 persen kebutuhan Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menyebutkan bahwa produksi kentang di daerah tersebut bisa berkontribusi hingga 26 persen dari total kebutuhan kentang di Jawa Barat.

Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan dalam satu tahun para petani di wilayahnya itu bisa memproduksi sekitar 40 ribu ton hingga 50 ribu ton kentang.

Baca Juga

"Luasnya 200 sampai 250 hektare lahan pertanian kentang di Kabupaten Bandung, karena tidak selamanya tanam kentang dan kadang-kadang ada pergiliran tanam," kata Tisna di Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/3/2022).

Menurutnya Kabupaten Bandung memiliki balai pembibitan kentang yang dikerjasamakan dengan pihak lain yang dapat mendorong kualitas dan kuantitas produksi kentang. Balai pembibitan kentang itu berada di Kecamatan Kertasari.

"Jadi relatif sumber daya manusianya paling paham dalam pelaksanaan pertanian kentang. Ada petani asal Kabupaten Bandung yang ditarik ke Sulawesi Selatan. Itu orang Pangalengan yang ditarik ke sana untuk tanam kentang," kata Tisna.

Namun keberadaan lahan di Kecamatan Kertasari maupun di Pangalengan menurutnya sangat kecil. Sehingga para petani juga memanfaatkan lahan di sejumlah kawasan perhutanan maupun di perkebunan.

"Nah di Perkebunan ada slot. Slot tersebut namanya pemberdayaan masyarakat desa kebun. Memang sekarang ini, lahannya itu digarap oleh para petani untuk menanam sayuran," katanya.

"Tanam kentang diharapkan terus berjalan, tetapi terkait konservasinya bisa dikendalikan," tambahnya.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2020 tercatat Jawa Barat memproduksi 196.856 ton kentang. Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung menjadi dua daerah penyokong utama produksi kentang dari Jawa Barat dengan menghasilkan 180 ribu ton atau 90 persen produksi kentang Jawa Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement