Jumat 11 Mar 2022 17:56 WIB

Bangladesh Tambah Pasokan Bahan Pangan Menjelang Ramadhan

Harga komoditas pangan di Bangladesh meningkat jelang Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Pasar Chawkbazar, Bangladesh Ilustrasi. Harga komoditas pangan di Bangladesh meningkat jelang Ramadhan
Foto: The daily Star
Pasar Chawkbazar, Bangladesh Ilustrasi. Harga komoditas pangan di Bangladesh meningkat jelang Ramadhan

IHRAM.CO.ID, DHAKA – The Trading Corporation of Bangladesh (TCB), berupaya menambah stok pasokan tepung, gula, minyak kedelai, serta kacang-kacangan menjelang Ramadhan. 

Produk-produk ini nantinya akan dijual dengan harga wajar selama Bulan Suci itu, di tengah meningkatnya harga komoditas penting. 

Baca Juga

Rapat komite tetap kabinet tentang pembelian pemerintah ini lantas menyetujui proposal untuk membeli empat item tersebut untuk TCB, Kamis (10/3) lalu. 

“TCB merupakan tulang punggung perekonomian kita.  Produksi itu penting, begitu juga pengiriman produk ke konsumen saat dibutuhkan," kata Menteri Keuangan AHM Mustafa Kamal, dikutip di BD News 24, Jumat (11/3/2022).

Dia menyebut kekurangan barang tidak akan menyebabkan krisis di dunia saat ini, tetapi tidak memasoknya tepat waktu menjadi salah satu faktornya. 

TCB dinilai memainkan peran penting saat ini dan Pemerintah sedang meningkatkan kapasitasnya.

Menteri Keuangan lantas membahas tentang pengiriman layanan dari lembaga pemerintah ke semua serikat pekerja di negara itu. Dia ingin mengirimkan produk TCB ke 10 juta keluarga pada Ramadhan ini. 

Pandemi dan perang Ukraina-Rusia menyebabkan harga kebutuhan sehari-hari melonjak di pasar internasional, yang dampaknya meresap ke Bangladesh. 

Sebagai upaya untuk menyeimbangkan harga, pemerintah telah menghapus PPN pada beberapa produk pada tingkat yang berbeda, serta bergerak untuk meningkatkan kapasitas distribusi TCB. 

"Pertemuan tersebut menyetujui pembelian 7.000 ton gula secara terpisah dari Meghna Sugar Refinery dan City Sugar Industries, masing-masing seharga 553 juta Taka Bangladesh," kata Sekretaris Tambahan Divisi Kabinet Md Zillur Rahman Chowdhury. 

Dia juga menyampaikan, harga setiap kg barang termasuk PPN dan pajak, adalah 79 Taka Bangladesh.

Sena Kalyan Sangstha, Blue Sky Enterprise dan Rubi Food Products disebut akan memasok 10 ribu ton tepung dengan harga 814 juta Taka Bangladesh, dengan setiap kg seharga 81,40 Taka.

Rapat juga menyetujui pesanan pembelian 19.500 ton kacang-kacangan senilai 2,11 miliar Taka, dengan harga 108,5 Taka per kg. Minyak kedelai akan dipasok sebanyak 7,11 juta liter seharga 168 Taka per kg. Bulan suci Ramadhan dapat dimulai pada 3 April dan berakhir pada 2 Mei, tergantung pada penampakan bulan. 

 

Sumber: bednews24 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement