Jumat 11 Mar 2022 17:10 WIB

Harga Cabai dan Bawang di Tangsel Merangkak Naik Jelang Ramadhan

Jelang Bulan Ramadhan, harga cabai dan bawang di Tangsel mulai merangkak naik.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana di Pasar Cimanggis, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Harga cabai dan bawang di pasar-pasar Tangsel mulai merangkak naik.
Foto: dok. Istimewa
Suasana di Pasar Cimanggis, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Harga cabai dan bawang di pasar-pasar Tangsel mulai merangkak naik.

REPUBLIKA.CO.ID, CIPUTAT -- Sejumlah harga bahan pangan di pasar tradisional di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten merangkak naik jelang momen Ramadhan. Diantara bahan pangan yang mengalami kenaikan adalah cabai rawit merah hingga bawang merah.

"Per hari ini memang rata-rata naik semua. Cabai rawit merah dari harga normal Rp 60 ribu sekarang Rp 80 ribu per kg. Cabai keriting sampai Rp 60 ribu per kilogram (kg) dari Rp 40 ribu per kg," ujar Atib (50 tahun), salah satu pedagang di Pasar Serpong, Jumat (11/3/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, harga bawang merah di Pasar Serpong juga mengalami kenaikan. Saat ini harganya bergerak mencapai hingga Rp 40 ribu per kg, naik sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per kg.

"Bawang merah tadinya Rp 30 ribu per kg, sekarang kan Rp 40 ribu atau Rp 35 ribu per kg," tuturnya.

Atib mengatakan, kenaikan juga terjadi pada daun bawang dari harga normal Rp 12 ribu menjadi Rp 15 ribu per kg. Menurut penuturan Atib, kenaikan harga sejumlah bahan pangan tersebut terjadi lantaran faktor cuaca.

Faktor tersebut menyebabkan hasil produksi bahan pangan mengalami gangguan yang berpengaruh pada pergerakan harga yang merangkak naik. "Faktor cuaca kali (penyebabnya) kan hujan, kalau hujan kan kata petani cabainya rontok," tuturnya.

Di Pasar Ciputat, harga cabai rawit merah juga terpantau merangkak naik, sama angkanya dengan harga di Pasar Serpong. Selisih kenaikannya dari harga normal mencapai hingga Rp 20 ribu per kg.

"Cabai rawit merah sekarang Rp 80 ribu per kg, kemarin (harga normal) Rp 60 ribu per kg," ujar Siti, salah satu pedagang di Pasar Ciputat.

Adapun harga bawang merah yang dijualnya di Pasar Ciputat dibanderoli dengan harga Rp 35 ribu per kg. Angka itu, menurutnya cenderung normal. "Bawang merah bawang putih Rp 35 ribu per kg. Harganya memang naik turun sih enggak pasti," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement