Jumat 11 Mar 2022 17:04 WIB

Menag: Bimbingan Perkawinan Ikhtiar Cegah Stunting

Pencegahan stunting adalah upaya penting menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Kemenag tengah melakukan beragam upaya, salah satunya dengan membentuk fasilitator-fasilitator terbimbing untuk bimbingan perkawinan (Bimwin) yang profesional dan kredibel di tingkat kecamatan.
Foto: Kemenag
Kemenag tengah melakukan beragam upaya, salah satunya dengan membentuk fasilitator-fasilitator terbimbing untuk bimbingan perkawinan (Bimwin) yang profesional dan kredibel di tingkat kecamatan.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersama Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan program Pendampingan, Konseling, dan Pemeriksaan Kesehatan dalam Tiga Bulan Pranikah sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu kepada calon pengantin. Peluncuran program ini berlangsung di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul, Provinsi DIY pada Jumat (11/3/2022).

Menag menyampaikan, pencegahan stunting adalah upaya penting dalam menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas. Program pendampingan yang dirilis hari ini sangat penting dan sejalan dengan Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) yang digulirkan Kemenag.

Baca Juga

"Bimbingan perkawinan adalah ikhtiar Kemenag dalam mencegah stunting," kata Menag melalui pesan tertulis yang diterima Republika, Jumat (11/3/2022).

Menurut Menag, pencegahan stunting adalah perintah agama, bukan hanya perintah negara. Sebab, menyiapkan generasi terbaik adalah risalah nubuwwah. Pencegahan stunting juga tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga semua warga bangsa. Karenanya, diperlukan upaya kolaboratif dari seluruh stakeholders.

"Ketahanan keluarga menjadi satu pondasi ketahanan negara. Kita ingin generasi bangsa menjadi generasi yang mampu berkompetisi secara global. Keluarga menjadi palang pintu utama pada generasi mendatang," jelas Menag.

Ia mengatakan, ke depan Kemenag akan perkuat kolaborasi dan BKKBN dan pihak terkait lainnya. Isu stunting sudah masuk dalam program bimbingan perkawinan.

"Saya juga meminta penyuluh agama se-Indonesia untuk terlibat dan berkolaborasi dalam program ini. Mari kita bersama-sama memberi perhatian untuk penurunan stunting di Indonesia," ujarnya.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement