Jumat 11 Mar 2022 14:52 WIB

Eksim Susu Bukan Disebabkan ASI, Tapi Tiga Faktor Penyebab Ini

Bayi mengalami hal tersebut antara satu sampai dua hari.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Bayi  (Ilustrasi)
Foto: Parents
Bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Para orang tua apakah sudah tahu apa itu eksim susu? Suatu kondisi yang biasanya dialami oleh bayi yang masih di bawah usia satu tahun.

Esti Utami dalam buku The Happiest Mommy: Kenali Pertumbuhan Anak Usia 0 - 5 Tahun mengatakan, eksim susu biasanya muncul dengan beberapa gejala. Pertama, kulit bayi di area wajah terutama pipi terlihat kering dan bersisik. Kemudian juga nampak kemerahan sehingga membuat orang tua tidak nyaman melihatnya.

Eksim susu juga memiliki gejala di mana bayi gelisah karena gatal. Selain wajah, gejala ini bisa meluas ke area leher, lengan dan tungkai. Lalu biasanya bayi mengalami hal tersebut antara satu sampai dua hari.

Mitos eksim susu yang beredar di masyarakat antara lain ASI yang mengenai kulit di sekitar mulut bayi. Menurut Esti, mitos ini jelas tidak benar karena eksim susu bukan disebabkan karena ASI.

Eksim susu pada bayi disebabkan oleh tiga faktor penyebab. Pertama, faktor keturunan di mana orang tua bayi memiliki riwayat alergi. Kemudian faktor kulit bayi yang kering. Lalu faktor lingkungan, akibat udara panas, kotor, dan berdebu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement