Jumat 11 Mar 2022 12:01 WIB

Polisi Siap Kawal Parade Pembalap MotoGP di Jakarta

Sebanyak 20 pembalap bakal melakukan parade di jalanan ibu kota Jakarta pada 16 Maret

Rep: Ali Mansur/ Red: Gita Amanda
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez rencananya menjadi 1 dari sejumlah pembalap yang akan mengikuti parade di Jakarta. (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez rencananya menjadi 1 dari sejumlah pembalap yang akan mengikuti parade di Jakarta. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya siap mengamankan rangkaian kegiatan parade MotoGP di Jakarta. Rencananya, sebanyak 20 pembalap bakal melakukan parade di jalanan ibu kota Jakarta pada 16 Maret 2022 mendatang atau dua hari jelang rangakaian MotoGP di sirkuit Mandalika.

"Yang jelas kami kepolisian akan mengamankan. Kepolisian akan mengamankan secara maksimal," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan kepada awak media, Kamis (10/3).

Baca Juga

Menurut Zulpan menyebut kegiatan yang dihadiri Presiden sudah memiliki prosedur tetap (protap) tersendiri. Namun demikian, kata dia, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai kegiatan ini. Antaranya, kerja sama dengan unsur TNI dan Paspampres.

"Pengamanan lain sepanjang jalur pasti kita amankan. Di dalam 20 riders ada Presiden, protap RI 1, kepolisian, TNI dan Paspampres pasti," beber Zulpan.

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Zulpan, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas. Hanya saja secara teknis dia belum membeberkan lokasi-lokasi yang bakal diberlakukan rekayasa lalu lintas. Hingga saat ini belum diketahui rute yang bakal dilewati para pembalap tersebut.

"Ini dalam rangka keselamatan pengendara lainnya selain 20 rider tambah Presiden. Ini tujuannya mengampanyekan. Kita belum tahu rute pastinya, jarak berapa, tapi pasti pengamanan maksimal," terang Zulpan.

Marc Marquez, Joan Mir, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso merupakan tiga di antara sejumlah pembalab yang akan mengikuti parade. Parade akan dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement