Jumat 11 Mar 2022 07:18 WIB

Seorang Pria Sembunyikan 52 Kadal dan Ular di Baju

Beberapa spesies yang diselundupkan oleh pria itu ada dalam status terancam punah.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Barang bukti berupa ular dan kadal yang ditemukan di balik baju seorang pria.
Foto: bea cukai AS
Barang bukti berupa ular dan kadal yang ditemukan di balik baju seorang pria.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Seorang pria yang mencoba menyelinap melewati agen perbatasan Amerika Serikat (AS) di Kalifornia dengan menyembunyikan 52 kadal dan ular di pakaiannya. Dia menyembunyikan para hewan itu di setiap sudut tubuh dengan berbekal hanya kantung tipis untuk membalutnya.

"Agen menemukan 52 reptil hidup diikat dalam tas kecil yang disembunyikan di jaket pria, saku celana, dan area selangkangan," kata pernyataan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS.

Baca Juga

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP)mengatakan, pria itu sedang mengendarai truk ketika tiba di perbatasan San Ysidro dengan Meksiko pada 25 Februari. Dia pun ditarik keluar oleh petugas untuk melakukan pemeriksaan tambahan.

Hasil dari pemeriksaan tersebut, ditemukan berbagai reptil di sekitar tubuhnya yang terbalut jaket. Sebanyak sembilan ular dan 43 kadal bertanduk disita. "Penyelundup akan mencoba segala cara untuk mencoba dan mendapatkan produk mereka, atau dalam hal ini reptil hidup, melintasi perbatasan,” kata  direktur operasi lapangan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di San Diego Sidney Aki.

Beberapa spesies yang diselundupkan oleh pria itu ada dalam status terancam punah. "Dalam kesempatan ini, penyelundup berusaha menipu petugas CBP untuk membawa hewan-hewan ini ke AS, tanpa memperhatikan kesehatan dan keselamatan hewan-hewan itu," ujar Aki.

Pria yang merupakan warga negara AS berusia 30 tahun ini pun akhirnya ditangkap atas penyelundupan para reptil tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement