Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukaromah_MTsN 3 Bantul

MWCNU Sewon Gelar Sarasehan Ziarah Wisata Edukasi ke TMP Kusumanegara Yogyakarta

Info Terkini | Thursday, 10 Mar 2022, 15:29 WIB
Prosesi Tabur Bunga di Batu Nisan Pahlawan Nasional

Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama’ (MWCNU) Kapanewon Sewon melaksanakan ziarah wisata ke TMP Kusumanegara Yogyakarta pada Kamis (10/03/2022). Ziarah wisata ini diikuti oleh 30 orang dari perwakilan 4 ranting yakni Timbulharjo, Pendowoharjo, Bangunharjo, dan Panggungharjo. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan dan pengarahan oleh Kepala Dinas Sosial yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial yakni Drs. Junaidi, dan acara inti berupa pemaparan materi dari 2 narasumber terkait dengan pencegahan NAPZA dan HIV/AIDS guna memupuk kesadaran menjadi warga negara Indonesia yang baik dan berakhlaq sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan. Acara ditutup dengan penyerahan cindra mata oleh pihak TMP Kusumanegara kepada Ketua MWCNU Sewon yang diwakili oleh Mashurori, S.H lalu dilanjutkan dengan tabur bunga dan ziarah ke makam pahlawan.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial mengapresiasi penuh kedatangan dan antusias MWCNU Sewon dalam mengikuti kegiatan ziarah wisata dan edukasi di TMP Kusumanegara. “Harapan kami, semoga angkatan -7 yang diikuti oleh MWCNU Sewon dapat lebih mengenal TMP Kusumanegara dan mengetahui sejarah TMP ini sehingga dapat menginternalisasi jasa pahlawan dan mengaplikasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari”, tandas Junaidi.

Kegiatan Sarasehan Ziarah Wisata ke TMP Kusumanegara bertujuan untuk lebih mengenal dan memahami bagaimana perjuangan para Pahlawan dalam membela dan mempertahankan tanah air. Melalui organisasi kemasyarakatan, salah satunya Nahdlatun Ulama/ (NU) hal ini dapat dinilai sebagai aksi sosial yang lebih efektif dan efisien dalam mengenalkan TMP Kusumanegara sebagai salah satu Makam Pahlawan yang harus dikunjungi sebagai tempat ziarah wisata yang edukatif. “Generasi Muda NU harus mengenal dan berkunjung di TMP Kusumanegara, karena banyak sekali Para Pahlawan Nasional yang di makamkan disini, sehingga generasi NU diharapkan dapat meneladani semangat juang para pahlawan”, ujar Kyai Nur yang merupakan Ketua MWCNU Sewon.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Gus Jamiludin, S.Sos selaku ketua penyelenggara Ziarah Wisata. “Ziarah Wisata ini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan dan agar warga Nahdliyin dapat melanjutkan khittah perjuangan Para Pahlawan dengan jalan dan strategi yang berbeda, salah satunya bermanfaat untuk sesama manusia”, tegas Jamil.

Acara ditutup dengan upacara memasuki makam, doa bersama untuk seluruh Pahlawan di TMP Kusumanegara, dan prosesi tabur bunga yang berlangsung lancar dan penuh khidmat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image