Kamis 10 Mar 2022 17:45 WIB

Alquran dan Hadits Atur Hak dan Kewajiban Suami-Istri

Islam sangat adil dalam menetapkan hak dan kewajiban suami-istri.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Suami Istri. Islam sangat adil dalam menetapkan hak dan kewajiban suami-istri.
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Suami Istri. Islam sangat adil dalam menetapkan hak dan kewajiban suami-istri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARAT -- Islam sangat adil dalam menetapkan hak dan kewajiban pria dan wanita maupun suami dan istri. Hal ini juga dijelaskan dalam Alquran dan hadits. 

Melansir laman aboutislam.net, Kamis (10/3/2022), Wakil Ketua Akademi Fiqh Islam Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang berbasis di Jeddah, Mufti Muhammad Taqi Usmani menjelaskan sudut pandang Islam yang benar sehubungan dengan kewajiban seorang wanita tentang pekerjaan rumah tangga.

Baca Juga

Pertama-tama, menurut ajaran Islam, bukan kewajiban hukum seorang istri untuk memasak makanan atau mengurus rumah, dan jika seorang wanita memilih untuk menolak melakukan pekerjaan tersebut, suami tidak dapat memaksanya untuk melakukannya. 

Namun, terlepas dari perintah hukum, Islam telah menetapkan beberapa petunjuk moral bagi suami dan istri. Hendaknya baik suami istri memperlakukan satu sama lain sebagai pendamping hidup.

Kedua belah pihak tidak boleh membatasi diri pada persyaratan hukum saja, tetapi harus bergandengan tangan untuk mengembangkan kehidupan bersama yang senyaman mungkin. Mereka diajak untuk saling bekerjasama dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi sehari-hari.

Oleh karena itu, tidaklah benar jika Islam lebih menekankan kewajiban seorang istri daripada kewajiban seorang suami. Sebaliknya, Nabi (saw) menekankan hak-hak wanita dalam banyak sabdanya yang mungkin lebih dari sabda yang menekankan hak-hak suami. Beberapa contoh dikutip di sini:

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement