Kamis 10 Mar 2022 14:19 WIB

Lelang Foto Asli Astronaut Buzz Aldrin Berjalan di Bulan Laku Rp 32 Miliar

Total hasil lelang mencapai 1,16 juta crown Denmark atau Rp 725 miliar.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Perjalanan bulan Buzz Aldrin selama pendaratan berawak pertama di bulan pada Juli 1969.
Foto: nasa
Perjalanan bulan Buzz Aldrin selama pendaratan berawak pertama di bulan pada Juli 1969.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada hari Rabu, (9/3/2022) sebuah lelang di Kopenhagen menjual koleksi foto milik Badan Antraiksa Amerika (NASA) asli dari misi Apollo. Total hasil lelang mencapai 1,16 juta crown Denmark atau Rp 725 miliar. Total ada 74 foto milik fotografer dari misi Apollo 8-17.

Salah satu bidikan terkenal dari perjalanan bulan Buzz Aldrin selama pendaratan berawak pertama di bulan pada Juli 1969. Foto ini dijual seharga 52.000 crown atau sekitar Rp 32 miliar.

Baca Juga

Sampul majalah National Geographic and Life pada tahun 1969 menampilkan foto Buzz Aldrin dalam setelan astronot lengkap dan Neil Armstrong, yang mengambil foto itu dan dapat dilihat sekilas dalam pantulan kaca mata Aldrin.

Foto berwarna pertama dari bumi yang pertama dilihat oleh manusia diambil selama misi Apollo 8 pada tahun 1968, dijual seharga 88.400 crown. Angka ini adalah nilai tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah foto.

Foto-foto asli NASA antik hanya diterbitkan dalam jumlah terbatas untuk penelitian ilmiah dan publikasi di majalah internasional.

Dilansir dari Reuters, direktur penjualan dan penilaian Bruun Rasmussen, Kasper Nielsen, mengatakan yang membuat koleksi ini unik adalah ukuran koleksi dan fakta bahwa foto ini langka.

Rumah lelang menyatakan bahwa penjualnya adalah orang asing yang memiliki hubungan dengan Denmark. Namun, identitas penjual maupun penawar tidak diungkapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement