Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN Sore Ini

Kamis 10 Mar 2022 11:03 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan

Bambang Susantono akan dilantik sebagai Kepala Otorita IKN

Bambang Susantono akan dilantik sebagai Kepala Otorita IKN

Foto: Antara
Presiden Jokowi akan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN sore ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Wakilnya pada Kamis sore (10/3) di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan ini juga bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan.

Posisi Kepala Otorita IKN nanti akan dijabat oleh Bambang Susantono. Sementara Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Adapun yang akan dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan tahun 2022-2023 yakni Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga

“Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya.

Heru juga menyampaikan acara pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden.

“Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan,” ucap Heru.

Seperti diketahui, Bambang Susantono sendiri bukanlah sosok baru di pemerintahan. Bambang Susantono pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Selain itu, pria kelahiran 4 November 1963 itu juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010 serta pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia.

Ia merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley. Ia juga meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur di universitas yang sama.

Di tingkat internasional, Bambang juga pernah menjadi anggota Board of Trustees untuk The South North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan. Lembaga ini bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB) sejak Juli 2015.

Bambang juga telah menulis beberapa buku terkait infrastruktur dan transportasi, salah satunya yakni ‘Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah’ dan ‘1001 Wajah Transportasi Kita’.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA