Rabu 09 Mar 2022 19:17 WIB

Dani Alves Mungkin tak Bertahan di Barcelona

Persaingan di lini belakang Barcelona makin ketat untuk Dani Alves.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
 Pemain Barcelona Dani Alves.
Foto: AP/Joan Monfort
Pemain Barcelona Dani Alves.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Keputusan Barcelona mengontrak kembali Dani Alves pada bursa transfer Januari kemarin bisa dibilang sebuah kejutan. Ia dikontrak hanya hingga akhir musim ini. Meski sudah berusia 38 tahun, fisiknya masih terlihat sempurna dan mampu memberikan kontribusi maksimal untuk Barcelona.

Pemain dengan gelar terbanyak di sepak bola membawa pengalaman berharga ke ruang ganti Blaugrana. Ia memberikan inspirasi para pemain muda serta mentalitas pemenang yang dipupuk oleh pelatih Xavi Hernandez. Ini langkah jitu di tengah upaya klub mengembalikan kejayaan.

Baca Juga

Xavi senang atas apa yang diberikan Alves. Ia tak ragu menyebut perannya sangat spektakuler. Menurut Xavi, Alves adalah contoh dalam hal profesionalisme dan kepositifannya.

“Saya harap dia memiliki performa antara sekarang dan akhir musim untuk memutuskan bertahan satu tahun lagi. Saya akan senang dia bertahan," katanya jelang laga melawan Elche akhir pekan lau, dilansir dari Forbes, Rabu (9/3/2022).

Namun mengenai keputusan masa depan Alves ada di tangan klub dan penampilannya. Sejauh ini dia telah memberikan banyak hal positif kepada tim bahkan dengan usianya yang sudah tua. Meski menunjukkan penampilan impresif, klub masih akan menunggu hingga akhir musim untuk memberikan keputusan.

Barcelona juga bisa merekrut pemain seperti Cesar Azpilicueta yang bisa berioperasi sebagai bek tengah dan kanan atau bek Ajax Amsterdan Noussair Mazraori sehingga Alves kemungkinan tak diperpanjang. 

Alves didatangkan Barcelona saat pemain internasional AS Sergino Dest sedang berjuang menemukan performa terbaiknya. Bahkan Dest tengah dikabarkan akan dijual ke Chelsea waktu itu. Namun di pertandingan terakhir dia membalikkan nasibnya. Klub juga khawatir ada kelebihan pemain di posisi tersebut jika pemain baru datang. Hal tersebut jelas mengancam posisi Alves.

Maka dari itu, nasib Alves berpeluang tak akan diperpanjang. Kendati demikian yang pasti Alves harus tetap terlihat berada dalam performa terbaik jelang Piala Dunia 2022 agar menjadi bagian dari skuad Brasil. Caranya tetap bermain baik di Eropa atau pulang ke kampung halaman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement