Rabu 09 Mar 2022 19:22 WIB

Hino Pasarkan Kendaraan dengan Standar Euro 4

Tahun ini, kendaraan niaga diesel harus sudah menerapkan standar emisi Euro 4.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) resmi memasarkan kendaraan komersial dengan standar Euro 4
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) resmi memasarkan kendaraan komersial dengan standar Euro 4

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Tahun ini, seluruh kendaraan niaga diesel yang dijual oleh pabrikan harus sudah menerapkan standar emisi Euro 4. Alhasil, pabrikan harus melakukan penyegaran seluruh line up agar bisa sesuai dengan regulasi itu.

Hino telah lama mempersiapkan produk dengan standar Euro 4. Kini, produk tersebut pun telah resmi diluncurkan.

Baca Juga

Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Masato Uchida mengatakan, kini semua kendaraan Hino yang diproduksi sudah hadir dengan teknologi mesin Euro 4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis, mulai dari light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

"Kendaraan yang hari ini kami luncurkan tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro 4. Tapi untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” kata Masato Uchida dalam grand launching Hino Euro 4 di Purwakarta, Jawa Barat pada Rabu (9/3/2022).

Selain hadir dengan mesin yang lebih hijau, beragam produk Hino kini juga hadir dengan chassis yang kuat, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme tiga kali penyaringan bahan bakar dan injector dengan full Diamond Like Carbon (DLC).

Director HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan, dalam menghadapi era Euro 4, Hino juga telah melakukan pengembangan infrastruktur dengan matang. Mulai dari lini produksi, jaringan outlet, system teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik yang terlatih.

Lewat grand launching ini, maka Hino sekaligus menjadi pabrikan kendaraan komersial pertama di Indonesia yang telah resmi memasarkan kendaraan dengan standar Euro 4. "Meski harga produk jadi naik sekitar 30 hingga 57 juta, tapi produk terbaru kami hadir dengan mesin baru commonrail yang lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan," kata Santiko Wardoyo.

Secara teknis, mesin commonrail Hino kini sudah dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC). Selain itu terdapat Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.

Mesin common rail Hino Euro 4 juga memiliki Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif. Menurutnya, dengan beragam teknologi itu maka mesin commonrail Hino memiliki emisi gas buang ramah lingkungan, efisiensi bahan bakar yang baik dan menghasilkan suara mesin halus dan minim getaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement