Rabu 09 Mar 2022 18:48 WIB

KSP Beri Sinyal Pelantikan Kepala Otorita IKN Besok 

Namun, KSP belum bisa memastikan calon kepala Otorita IKN yang diangkat Jokowi.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Ratna Puspita
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong memberi sinyal Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (10/3/2022) besok. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong memberi sinyal Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (10/3/2022) besok. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong memberi sinyal Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (10/3/2022) besok. “(Pelantikan besok) Hampir pasti,” kata Wandy saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (9/3/2022).

Dari informasi yang beredar, nama calon kepala Otorita IKN Nusantara yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi yakni Bambang Susantono. Namun, Wandy mengaku belum bisa memastikannya.

Baca Juga

“Informasi yang beredar seperti itu, tapi saya sendiri belum bisa memastikannya karena belum melihat Keppres nya,” ujar dia.

Sebelumnya, Wandy menyampaikan kemungkinan pelantikan kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa dipercepat pada pekan ini. Kendati demikian, waktu pelantikan ini masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tapi untuk pelantikan ada kemungkinan bisa cepat... mungkin juga minggu ini. Tapi saya nggak bisa memastikan. Semua tergantung keputusan Presiden,” kata Wandy saat dihubungi Republika.co.id, Senin (7/3/2022).

Wandy juga menyampaikan, kepala Otorita IKN harus memiliki pengalaman membangun dan mewujudkan pembangunan fisik dalam skala besar di organisasi pemerintahan atau swasta. Selain itu, tambah dia, kepala Otorita IKN juga harus mampu mengkoordinasikan berbagai pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemindahan IKN. Mulai dari berbagai kementerian/lembaga yang terlibat dalam fase awal pembangunan IKN, hingga pemerintahan daerah di sekitar lokasi IKN.

"Karena pembangunan IKN tak bisa dipisahkan dari wilayah sekitarnya dalam sebuah rancangan tata ruang yang terintegrasi," jelas Wandy.

Menurut Wandy, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk masyarakat setempat dan para ahli juga menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam memilih calon kepala Otorita IKN.

Saat menghadiri peresmian Kantor DPP Nasdem pada Selasa (22/2), Presiden Jokowi juga menyampaikan akan melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara secepatnya. Jokowi juga menyebut, kandidat calon Kepala Otorita IKN yang akan ditunjuknya tersebut berasal dari kalangan non-partai.

“Secepatnya, secepatnya. Ya mungkin ini, mungkin minggu-minggu depan sudah kita lantik,” kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement