Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

Fakta Unik Burung Merpati yang Tak Banyak Orang Ketahui

Eduaksi | Wednesday, 09 Mar 2022, 15:01 WIB

Burung merpati atau yang dikenal juga dengan panggilan burung dara sebagai salah salah satunya tipe burung yang gampang dijumpai di Indonesia. Burung merpati sebagai burung berleher pendek dan memiliki badan kekar, mempunyai paruh pendek ramping dengan ceres atau lubang hidung berdaging pada spesies tertentu.

Makanan khusus burung merpati, yakni beberapa bijian, rempah-rempah, dan buah-buahan. Burung merpati nyaris berada di penjuru dunia Burung merpati dikenali setia ke pasangannya, karena sangat menempelnya kesan-kesan itu merpati kerap kali menjadi salah satunya sisi dari serangkaian pernikahan.

Burung ini umumnya dipakai untuk hoby. Misalkan, untuk merpati hias atau untuk merpati balap. Tetapi, selainnya dua hal itu Merpati dapat jadi bahan konsumsi. Burung merpati memliki kekhasan tertentu, burung ini kelihatan aktif dan gesit, mempunyai penglihatan yang tajam, dan terbang sesuai kekuatan maksimumnya. Berikut 6 bukti unik burung merpati yang harus Anda kenali dilansir dari situs Daftar Harga Burung.

Merpati dapat menemukan sarangnya dengan akurat

Merpati semenjak jaman perang dipakai sebagai burung pengantar pesan dan pergi berpuluh-puluh km tinggalkan sarangnya. Namun walau demikian mereka bisa kembali lagi ke sarangnya tanpa mendapati permasalahan. Beberapa periset sampai sekarang belum juga mendapati apa hal ajaib yang berada di balik kekuatannya itu. Sebagian orang mengaitkan jika merpati dapat lakukan hal sama karena sudah dilatih untuk membalap dan kembali lagi ke sarangnya walau pergi sepanjang apa saja.

Burung pembawa pesan

Burung merpati Bila dilatih secara baik, bisa dijadikan burung pembawa pesan. Lebih kurang sekitaran era ke 5 SM, burung ini mulai dipakai sebagai burung pembawa pesan di wilayah Suriah dan Persia. Karena keadaan pada waktu itu, bawa pesan memakai merpati lebih efektif daripada memakai kuda. Keadaan semacam ini semakin berkembang sampai sekian tahun setelah itu.

Memiliki pupuk paling mahal di dunia

Kemungkinan sedikit orang yang ketahui jika kotoran merpati, yang banyak dirasakan orang ini, bisa menjadi satu diantara pupuk yang termahal. Persisnya pada era ke 16 sampai ke 18, kotoran merpati ini benar-benar bernilai. Pada waktu itu kotoran merpati ini dijadikan pupuk kandang untuk beberapa perkebunan, seperti perkebunan melon, anggur dan rami. Bahkan juga pada waktu itu di Inggris kotoran merpati jadi salah satunya bahan mesiu.

Merpati termasuk hewan yang kuat

Merpati terhitung hewan yang kuat, jadi tidaklah aneh jika merpati sering jadi hewan balap atau pengirim pesan bahkan juga sampai jaman sekarang ini. Ini terjadi pasalnya burung memiliki ukuran sedang ini dapat terbang dengan kecepatan 110 km/jam, kecepatan hebat itu disokong oleh otot dadanya yang kuat.

Merpati termasuk burung pandai

Merpati dipandang seperti salah satunya burung paling pandai di dunia karena mereka bisa lakukan pekerjaan yang awalnya dipandang cuman dituntaskan oleh manusia dan primata. Merpati sukses melalui mengenal refleksi cermin dari burung dan hewan yang lain dan sebagai salah satunya dari 6 spesies (salah satu non-mamalia) yang mempunyai kekuatan ini. Merpati dapat mengenal 26 tipe huruf bahasa Inggris dan membuat ide. Dalam sebuah study ilmiah, burung ini bisa membandingkan dan mengenal beberapa foto 2 orang yang lain.

Binatang setia

Burung merpati ini hanya tiap pada 1 pasangan saja, sampai pasangan itu mati. Bila Anda saksikan transisinya, burung jantan dan burung betina ini sama-sama menolong untuk jaga sangkar dan memberikan makan anak mereka. Saat si betina mendekami telurnya, karena itu jantan yang hendak cari makan, dan jaga sangkar. Begitupun saat si betina usai mendekami dan cari makan, karena itu si jantan yang hendak jaga sangkar.

Begitu pembahasan mengani 6 bukti unik burung merpati yang harus Anda kenali. Mudah-mudahan berguna

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image