Rabu 09 Mar 2022 17:50 WIB

Kapolda Jatim Ingatkan Longsor Susulan di Tol Pandaan-Malang

Tebing di Km78+900 Tol Pandaan-Malang longsor pada Selasa sekitar pukul 15.00 WIB.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pengendara mobil melintas di pintu keluar Seksi V Tol Pandaan-Malang.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pengendara mobil melintas di pintu keluar Seksi V Tol Pandaan-Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menyatakan, aparat mewaspadai adanya longsor susulan di jalur Tol Pandaan-Malang. Hal itu setelah terjadi bencana tanah longsor di Km78+900 terjadi pada Selasa (8/3).

Kepala Polda Jatim, Irjen Nico Afinta mengatakan, setelah adanya kejadian longsor di jalan tol tersebut, ada satu titik yang perlu diwaspadai, karena berpotensi terjadi longsor susulan. "Setelah kejadian, ada satu titik yang kami waspadai. Jadi, ada dua titik yang sudah longsor, satu titik kami waspadai," kata Nico saat melakukan pemantauan pembersihan material longsor di Tol Pandaan-Malang, Rabu (9/3/2022).

Tebing di Km78+900 Tol Pandaan-Malang mengalami longsor pada Selasa sekitar pukul 15.00 WIB, akibat hujan deras yang mengguyur kawasan itu. Akibat longsor yang menutup ruas jalan tol, akses kendaraan diarahkan untuk keluar dari jalan tol.

Nico mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jatim, BPBD, dan pengelola jalan tol Jasa Marga untuk melakukan upaya antisipasi terjadinya longsor susulan. "Kami koordinasi untuk melakukan pengecekan dan perbaikan, serta pembersihan supaya kendaraan bisa melintas," kata Nico.

Dia menyatakan, atas kerja keras personel gabungan hingga kemarin malam, saat ini jalan tol sudah bisa dilalui oleh pengendara kendaraan bermotor. Namun, Polda Jatim tetap waspada dan meminta masyarakat juga turut waspada adanya bencana longsor susulan.

Ke depan, pihaknya akan melakukan pengecekan secara bersama untuk beberapa titik yang memiliki potensi longsor. Ada sejumlah titik yang terlihat garis air yang diharapkan bisa segera diantisipasi agar tidak menjadi bencana longsor. "Sehingga, bisa dilakukan upaya pencegahan dengan penguatan serta perbaikan tempat yang sudah rusak dan pencegahan untuk yang masih belum. Harapannya jalan tol ini tetap aman dan bisa dilalui oleh masyarakat," ucap Nico.

Pantauan di lokasi, sejumlah personel PT Jasa Marga masih melakukan proses pembersihan material longsor di tol Pandaan-Malang Km78+900 hingga Rabu siang. Sejumlah alat berat diturunkan dalam proses pembersihan tersebut.Kendaraan yang menuju arah Surabaya maupun Malang saat ini sudah bisa melintas tol tersebut.

Namun, hingga Rabu siang, baru satu jalur yang bisa dipergunakan oleh pengguna jalan tol, karena petugas masih melakukan pembersihan pada lajur lainnya. "Ini (pembersihan) masih berlangsung. Saya kira tim masih bekerja. Harapannya nanti sore sudah selesai semuanya," ujar Nico.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement