Rabu 09 Mar 2022 19:00 WIB

Dituduh Jiplak Lagu Sami Chokri, Ed Sheeran Nyanyikan 'Shape Of You' di Ruang Sidang

Bagian dari lirik lagu Shape Of You dituduh menjiplak lagu milik Sami Chokri.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Ed Sheeran tersandung kasus tuduhan penjiplakan lagu. Bagian dari lirik hitnya, Shape Of You, diduga meniru Oh Why milik Sami Chokri.
Foto: EPAe
Penyanyi Ed Sheeran tersandung kasus tuduhan penjiplakan lagu. Bagian dari lirik hitnya, Shape Of You, diduga meniru Oh Why milik Sami Chokri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi dan pencipta lagu asal Inggris, Ed Sheeran, punya cara tersendiri untuk membela diri ketika tersandung kasus tuduhan penjiplakan. Ia bersenandung dan bernyanyi untuk membuktikan bahwa lagu hitnya, "Shape Of You", tidak meniru "Oh Why" milik Sami Chokri.

Menurut Chokri, ada satu bagian dari lagu Sheeran yang sangat mirip dengan lagunya. Bagian "Oh I" dari "Shape Of You" terdengar sebagai "Oh why", seperti dalam lagu Chokri.

Baca Juga

Chokri menyebut, sangat mungkin Sheeran sudah pernah mendengar lagu miliknya sebelumnya. Pada hari kedua interogasi oleh Andrew Sutcliffe sebagai pengacara yang mewakili Chokri dan produser musik Ross O'Donoghue, Sheeran berulang kali menyanyikan part "Oh I" tersebut.

Sheeran juga menyanyikan baris dari lagu-lagu lain, termasuk "Feeling Good" milik Nina Simone dengan kunci yang sama. Ia ingin menunjukkan bagaimana melodi bisa terdengar serupa.

 

"Keduanya adalah tangga nada pentatonik dan keduanya menggunakan vokal," ucap Sheeran kepada Pengadilan Tinggi London, saat ditanya beberapa kali tentang kesamaan nada itu.

Sutcliffe yang telah mencap Sheeran sebagai "a magpie", menanyainya secara ekstensif tentang penulisan "Shape Of You" dan perubahan yang dibuat saat lagu itu dikembangkan. Sheeran menggubah "Shape Of You" pada Oktober 2016 dengan rekan penulis Steven McCutcheon dan John McDaid.

Di pengadilan, rekaman "Shape Of You" Sheeran diputarkan dengan beragam gaya dalam pola titinada yang berbeda. Hal itu dikenal sebagai "stacking".

"Sepertinya Anda menyanyikan 'Oh Why'," kata Sutcliffe kepada Sheeran, dilansir Screenrant, Rabu (9/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement