Selasa 08 Mar 2022 21:27 WIB

Diskon Besar Tiket untuk ASN demi Semaraknya MotoGP Mandalika

ASN dan warga lokal NTB mendapatkan diskon tiket MotoGP Mandalika hingga 80 persen.

Foto udara sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Indonesia akan menggelar balapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022. (ilustrasi)
Foto: Antara
Foto udara sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Indonesia akan menggelar balapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Antara, M Nursyamsi, Fauziah Mursid

Dua pekan jelang gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB pada 18-20 Maret 2022, berbagai terobosan dilakukan oleh pemerintah demi mendongkrak penjualan tiket. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat NTB, misalnya, mengalokasikan sebanyak 10 ribu tiket menonton ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika yang dijual kepada aparatur sipil negara (ASN) dan warga lokal di daerah itu dengan potongan harga atau diskon 80 persen.

Baca Juga

"Alhamdulillah ada 10 ribu tiket yang dialokasikan untuk warga NTB, cuma kita belum bisa jual langsung karena tiketnya belum kita pegang," kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, di Mataram, Senin (7/3/2022).

Menurut dia, tiket yang dijual tersebut untuk pelaksanaan hari kedua dan hari ketiga MotoGP di Sirkuit Mandalika. "Jadi setelah diberi diskon 80 persen tiket untuk hari kedua itu harganya Rp100 ribu dan hari ketiga Rp 150 ribu," kata Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB.

Untuk mekanisme penjualan tiket tersebut, katanya, tidak dilakukan oleh pemerintah provinsi. Melainkan, diserahkan kepada pihak yang memiliki pengalaman terhadap penjualan tiket tersebut, seperti PT Gerbang NTB Emas (GNE) selaku BUMD.

"Siapa yang menjual ini kita serahkan kepada yang punya pengalaman menjual. Bisa saja PT Gerbang NTB Emas (GNE). Tapi yang jual ini pihak profesional intinya karena kita tidak punya pengalaman untuk itu, nanti kalau kita yang jual salah lagi," katanya.

Oleh karena itu, Gubernur NTB berharap dengan pemberian diskon 80 persen tersebut tidak terlampau memberatkan masyarakat maupun ASN di tempat itu untuk bisa menonton MotoGP. "Mudah-mudahan ini tidak memberatkan ASN atau warga kita yang ingin menonton," kata Zulkieflimansyah.

Sehari sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, bahwa tiket MotoGP 2022 Seri Grand Prix of Indonesia yang digelar pada Ahad (20/3/2022) telah habis terjual alias sold outErick menyebut hal ini berkat antusiasme yang makin meningkat dari masyarakat, baik individu, komunitas, para sponsor, korporasi baik BUMN maupun swasta, serta dukungan penuh dari pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Provinsi NTB.

"Namun jangan khawatir, kita masih menyediakan tambahan kuota untuk fans Marc Marquez dan Maverick Vinales masing-masing 500 tiket Grandstand yang kami yakin akan diserbu fans," ujar Erick dalam konferensi pers perkembangan persiapan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Jakarta, Ahad (6/3/2022).

Selain itu, ucap Erick, tiket harian Jumat (18/3/2022) dan Sabtu (19/3/2022) untuk sesi latihan dan kualifikasi juga masih tersedia. Erick menyampaikan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia merupakan gelaran internasional yang harus didukung seluruh masyarakat Indonesia dan NTB, karena ini merupakan tonggak sejarah bagi kita semua.

"Sejak awal saya secara reguler memonitor persiapannya sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), apalagi ada kolaborasi BUMN yang erat di acara akbar ini," ungkap Erick.

Baca juga : Asita Tawarkan Beragam Paket MotoGP Mandalika

Kata Erick, BUMN bekerja keras dan all out dalam memastikan ajang MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia siap dilaksanakan. Erick menyebut total kontribusi BUMN melebihi Rp 3,8 triliun, mulai dari investasi pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, pembangunan hotel untuk akomodasi, dan juga sponsorship.

"Tentu saya berterima kasih atas animo masyarakat yang tinggi, tidak hanya fanbase MotoGP, tapi juga masyarakat Indonesia secara umum dan warga Lombok," kata Erick.

In Picture: Proses Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika

 

photo
Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 Km tersebut tengah dikerjakan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM serta ditargetkan dapat rampung pada 10 Maret mendatang. - (ANTARA/Ahmad Subaidi)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement