Rabu 09 Mar 2022 00:48 WIB

Perang Rusia-Ukraina Seret Negara-Negara dalam Posisi Sulit

Seperti banyak negara, India menghadapi pilihan sulit antara mendukung mitra dagang

Red: Nur Aini
Perang Rusia-Ukraina mengubah wajah Eropa, menempatkan banyak negara lain, termasuk India, di antara bebatuan dan situasi yang sulit.
Perang Rusia-Ukraina mengubah wajah Eropa, menempatkan banyak negara lain, termasuk India, di antara bebatuan dan situasi yang sulit.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perang Rusia-Ukraina mengubah wajah Eropa, menempatkan banyak negara lain, termasuk India, di antara bebatuan dan situasi yang sulit. Para ahli percaya bahwa negara-negara seperti India tidak punya pilihan selain menunggu sampai dunia kembali tenang.

Setelah berakhirnya Perang Dingin, India mendapat manfaat dari stabilitas global dan hubungan yang kuat dengan Moskow dan Washington.

Baca Juga

Menurut data resmi India, perdagangan India-AS tahun lalu mencapai 112,626 miliar dolar AS, dengan ekspor 71,203 miliar dolar AS, dan impor 41,423 miliar dolar AS.

Sementara laporan Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) menunjukkan 23 persen dari ekspor senjata Rusia antara tahun 2016 dan 2020 menuju ke India. Perdagangan bilateral India selama tahun keuangan dari April 2020 hingga Maret 2021 dengan Rusia hanya berjumlah 8,1 miliar dolar AS, tetapi angka resmi menunjukkan perdagangan militer sejak 2018 telah menyentuh hampir 15 miliar dolar AS.

Perdagangan militer diperkirakan akan meningkat lebih lanjut karena beberapa proyek lain sedang dibahas dan banyak telah dilaksanakan. Selain membeli sistem pertahanan rudal S-400 Triumf senilai 5,5 miliar dolar AS dari Rusia, ada kerja sama jangka panjang pada produksi berlisensi Su-30MKI untuk Angkatan Udara India (IAF). Produksi tank T-90, T-72M1 untuk pasukan darat, dan rudal jelajah BrahMos sedang berlangsung di berbagai pabrik di India.

Produsen senapan AK-203 Rusia berencana untuk mendirikan unit di negara bagian Uttar Pradesh, India.

Berbicara kepada Anadolu Agency di sela-sela pertemuan di Dubai – salah satu dari tujuh syekh di Uni Emirat Arab (UEA) yang terkenal dengan belanja mewah dan arsitektur ultramodern – pensiunan Wakil Marsekal Udara Kapil Kak mengatakan Rusia secara militer sangat penting bagi India.

Diversifikasi perangkat keras militer

“Sampai hari ini, kita berbicara bahwa hampir 70 persen perangkat keras militer India berasal dari Rusia, India dapat kelaparan secara militer dalam 24 jam. Selama dua dekade terakhir, India telah mendiversifikasi sumber perangkat keras militernya, dimulai dengan Israel, Prancis, dan AS. Tetapi Rusia masih memiliki andil yang besar,” katanya.

Salah satu kekhawatiran utama dalam koridor strategis India adalah bahwa perang telah membawa konvergensi antara Rusia dan China pada saat militer India dan China terlibat dalam kebuntuan selama 20 bulan terakhir.

Namun, Kak percaya bahwa kedekatan antara Rusia dan China mungkin tidak berlangsung lama karena mereka menyimpan perpecahan ideologis yang mendalam.

“Mereka memiliki celah sejarah. Mereka telah berperang pada tahun 1969 ketika keduanya memiliki kekuatan nuklir. Rusia harus menurunkan 40 divisi di garis depan. Untuk sementara, Anda mungkin melihat konvergensi yang mendalam di antara mereka, tetapi mereka adalah calon pesaing dalam sistem internasional,” kata dia.

Baca juga : Defisit APBN Berpotensi Melebar karena Konflik Rusia-Ukraina

Mantan wakil kepala IAF itu menekankan sementara New Delhi telah menjadi mitra strategis AS sejak menandatangani pakta nuklir pada 2007, ada perbedaan antara sekutu dan mitra.

Dia mengatakan secara tradisional dan budaya India telah mencari mitra tetapi belum menjadi bagian dari aliansi apa pun. Kak mengatakan krisis Ukraina telah membawa perubahan tatanan global ke depan.

China telah menantang supremasi AS, dan Presiden Rusia Vladimir Putin mencoba untuk menegaskan kembali posisi negaranya dalam sistem global, meskipun Kak percaya bahwa dia tidak akan mampu melakukannya karena ekonomi negara yang lemah.

Penulis dan pakar strategis global Halford Mackinder itu menulis di awal abad ke-20 bahwa siapa pun yang menguasai Eurasia – daratan raksasa yang membentang dari pantai Atlantik Eropa hingga pantai Asia Pasifik – akan menguasai dunia.

Perubahan konsekuensial dalam tatanan dunia

Shiv Shankar Menon, mantan penasihat keamanan nasional India, mengatakan tidak ada negara yang dapat mengabaikan perubahan konsekuensial dalam tatanan dunia yang disebabkan oleh perang Rusia-Ukraina.

“Lebih banyak tekanan Eropa pada Rusia akan mengkonsolidasikan hubungan antara Rusia dan China dan itu akan mengubah situasi di Asia,” katanya.

Baca juga : Ini Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Ukraina

Dia mengatakan kenyamanan Rusia dan China mungkin tidak memiliki efek langsung karena Moskow adalah mitra lama New Delhi, tetapi dalam jangka panjang, itu mungkin memiliki implikasi strategis dalam menghadapi permusuhan Beijing terhadap India.

Menon, juga mantan menteri luar negeri India ketika Rusia berperang di Georgia pada 2008, mengatakan baik Rusia dan Ukraina serta Eropa perlu menangani keamanan dan kepentingan strategis satu sama lain.

“Perbatasan timur Ukraina adalah 300 kilometer (186 mil) dari Moskow. Memiliki pasukan NATO 300 km dari Moskow mengubah kalkulus keamanan Rusia. Dengan kata lain, pasukan Rusia di Ukraina berarti mereka berada pada jarak yang sangat dekat dari Berlin, Warsawa, Wina, dan banyak ibu kota Eropa lainnya,” jelasnya.

Dia percaya Ukraina yang netral dengan jaminan keamanan bisa menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

“Ini bukan hanya Putin; setiap pemimpin Rusia telah mencurigai NATO. Pada akhir Perang Dingin, ada 19 anggota NATO, hari ini mereka menjadi 30. Dan NATO telah dibawa ke perbatasan Rusia. Ini tentang kepentingan keamanan Rusia yang keras. Ada juga kepentingan di sisi lain. Kedua kepentingan itu perlu diakomodasi dan disesuaikan,” imbuhnya.

Baca juga : AS Terapkan Larangan Impor Minyak dan Gas dari Rusia

Mantan penasihat keamanan nasional itu juga mengatakan dunia berada dalam situasi yang tidak pasti dan anarkis, meskipun AS terus menjadi kekuatan militer global dan China bersaing dengannya di bidang ekonomi.

“Kami adalah dunia yang melayang. Kami tidak berada dalam tatanan multi atau bi-polar. Jika kita tidak mendapatkan kedamaian, kita akan melihat lebih banyak konflik dan ketidakstabilan,” ujarnya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/perang-rusia-ukraina-seret-negara-negara-dalam-posisi-sulit-termasuk-india/2527345
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement