Selasa 08 Mar 2022 21:34 WIB

Mulai Hidup Sehat dengan Olahraga yang Menyenangkan 

Menjalankan gaya hidup sehat dengan olahraga adalah investasi jangka panjang.

Rep: Santi Sophia/ Red: Muhammad Hafil
Mulai Hidup Sehat dengan Olahraga yang Menyenangkan. Foto: Olahraga (ilustrasi)
Foto: picpedia.org
Mulai Hidup Sehat dengan Olahraga yang Menyenangkan. Foto: Olahraga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Menjalankan gaya hidup sehat sejak usia muda merupakan investasi jangka panjang yang sangat berharga. Manfaatnya bahkan bisa dirasakan secara langsung oleh tubuh. 

Marcellino Indrawan, The New L-Men of The Year 2021 sekaligus Influencer Kesehatan berbagi trik memulai hidup sehat, termasuk bagi pemula. Marcellino mengatakan berdasarkan panduan WHO, latihan fisik bisa dilakukan mulai dari 30 menit sampai 150 menit per hari.

Baca Juga

“Jadi saya selalu rekomendasikan memulai gaya hidup sehat, bisa dengan jalan-jalan sore 30 menit, buat itu jadi menyenangkan karena saat merasa senang maka akan dilakukan besok-besoknya lagi,” kata Marcellino dalam acara bersama Nutrifood, belum lama ini.

Jika ingin lebih menantang, bisa melakukan latihan 75-150 menit untuk aerobik, gym, lari. Pilihan olahraga dari yang paling gampang, yaitu melakukan yang disenangi.

“Bisa dengan sepedaan 30 menit sampai satu jam, sisihkan waktu untuk kegiatan fisik mulai dari simpel dan menyenangkan,” lanjut dia.

Marcellino berbagi pengalaman saat berhasil menurunkan berat badan dari 89 kilogram pada awal 2021 menjadi 75 kilogram saat ini, disertai peningkatan massa otot. Dia menjaga asupan nutrisi seimbang, membatasi asupan gula, garam, dan lemak, aktif berolahraga, dan beristirahat cukup. 

Dalam prosesnya, Marcellino juga merasakan manfaat gaya hidup yang diterapkan, mulai dari fisik terasa lebih fit, performa lebih optimal dan produktif dalam beraktivitas, serta hidup jadi lebih berkualitas.

Marcellino menambahkan pengetahuan yang tepat dan disiplin diri merupakan kunci untuk membangun konsistensi gaya hidup sehat dan melawan risiko obesitas sejak muda. Untuk itu, ia mendalami ilmu nutrisi dengan mengambil sertifikasi sport nutritionist.

Sesuai dengan gerakan Fitness Inclusivity, dia percaya bahwa hidup sehat adalah tanggung jawab setiap orang. Apa pun profesi dan latar belakangnya, setiap orang mampu menjalani pengalaman hidup sehatnya masing-masing untuk menjadi versi terbaik diri mereka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement