Selasa 08 Mar 2022 12:39 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Surabaya Ditarget 7 Persen

Surabaya akan menggerakkan UMKM untuk meningkatkan ekonomi

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nur Aini
Warga melakukan pembayaran nontunai menggunakan QRIS di salah satu lapak pelaku usaha kuliner di Jalan Rungkut Lor Gang II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/2/2022). Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi  menargetkan ekonomi Surabaya tumbuh 7 persen pada 2022
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Warga melakukan pembayaran nontunai menggunakan QRIS di salah satu lapak pelaku usaha kuliner di Jalan Rungkut Lor Gang II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/2/2022). Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menargetkan ekonomi Surabaya tumbuh 7 persen pada 2022

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, ekonomi Kota Pahlawan mengalami pertumbuhan mencapai 4,29 persen sepanjang 2021. Pertumbuhan ekonomi Surabaya bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sebesar 3,57 persen dan Nasional yang sebesar 3,69 persen.

Eri pun menargetkan ekonomi Surabaya bisa kembali tumbuh di 2022. Eri menargetkan pertumbuhannya bisa mencapai 7 persen. "Kita tahun 2021 yang ditargetkan cuma 2 persen, menjadi 4,29 persen. Maka di tahun 2022, target kita punya sampai 7 persen lebih," kata Eri di Surabaya, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga

Eri menjelaskan, salah satu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan perputaran ekonomi Surabaya adalah dengan menggerakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui padat karya. Namun, padat karya yang dimaksud bukan hanya menggerakan pelaku UMKM di bidang kue atau aksesoris.

"Padat karya UMKM itu bukan hanya kue atau tertentu. Tetapi padat karya ada paving, penyediaan pasir yang dilakukan perorangan, yang itu kita lakukan pelatihan juga," ujarnya.

Eri pun menekankan komitmennya untuk terus menggerakkan ekonomi kerakyatan di Kota Pahlawan. Menurutnya, untuk menggerakan ekonomi kerakyatan, bukan berarti merekrut warga menjadi pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya. Tetapi, bagaimana menciptakan entrepreneur-entrepreneur baru yang mampu menjadi Pahlawan Ekonomi Surabaya.

"Sehingga (ekonomi) kita bisa bergerak bersama. Seluruh warga harus diubah mindsetnya. Kita harus lakukan sesuatu yang baru," kata dia.

Strategi lain yang disiapkan Pemkot Surabaya adalah dengan menyediakan ruang inkubasi UMKM melalui Surabaya Kriya Gallery. Galeri tersebut diharapkan agar tak hanya sekadar menjadi tempat pameran atau penjualan, namun dapat menjadi ruang inkubasi bagi UMKM.

"Menjadi pusat pengembangan UMKM. Ada pelatihan, ada pendampingan, ada riset pasar, product development, dan sebagainya semua dipusatkan di sini," kata dia.

Eri juga menargetkan, ribuan UMKM Surabaya bisa onboarding melalui penguatan strategi pengembangan ekonomi dan keuangan digital. Melalui cara ini, UMKM dilatih bergerak di berbagai jenis produk untuk mendapatkan edukasi terkait pemanfaatan platform digital seperti marketplace.

"Saya juga instruksikan UMKM yang ada di sini semua bisa onboarding, semua bisa go digital. Saya sudah canangkan target 250.000 UMKM onboarding alias go digital tahun ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement