Selasa 08 Mar 2022 11:54 WIB

Luhut Dorong Daerah Gencarkan Vaksinasi Booster yang Masih di Bawah 10 Persen

Saat ini capaian vaksinasi untuk lansia di seluruh Jawa dan Bali sudah 62 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah meminta seluruh wilayah di Pulau Jawa dan Bali yang capaian vaksinasi booster-nya masih di bawah 10 persen untuk terus ditingkatkan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mendorong kesediaan masyarakat untuk mendatangi gerai-gerai vaksin yang tersedia agar pandemi dapat segera pulih kembali.

"Pemerintah juga meminta kepada seluruh wilayah kabupaten kota di Jawa Bali untuk terus mendorong vaksinasi booster yang masih di bawah 10 persen di Jawa Bali,” ujar Luhut saat konferensi pers, dikutip di Jakarta pada Selasa (8/3/2022).

Selain itu, pemerintah juga terus mendorong tingkat kekebalan masyarakat dan akselerasi capaian vaksinasi dosis kedua khususnya bagi lansia. Luhut mengatakan, saat ini capaian dosis vaksinasi untuk lansia di seluruh Jawa dan Bali sudah berada di angka 62 persen. "Tetapi kami akan terus kejar untuk terus lebih tinggi lagi," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyampaikan kondisi pandemi di Indonesia yang terus mengalami perbaikan. Hal ini terlihat dari tren kasus harian nasional yang terus mengalami penurunan signifikan, kondisi rawat inap rumah sakit yang menunjukan penurunan, dan tingkat kematian yang juga semakin melandai.

Selain itu, kata Luhut, pemerintah juga memantau mobilitas masyarakat yang saat ini kembali meningkat cukup tinggi dalam sepekan terakhir seiring dengan perbaikan kondisi kasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement