Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Penerbit Erlangga Dukung Pendidikan di Indonesia

Selasa 08 Mar 2022 07:57 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Irwan Kelana

Penerbit Erlangga menggelar Webinar Motivasi US 2022 Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana?, beberapa waktu lalu.

Penerbit Erlangga menggelar Webinar Motivasi US 2022 Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana?, beberapa waktu lalu.

Foto: Dok Penerbit Erlangga
Penerbit memberikan tips agar bisa meraih nilai Ujian Sekolah  terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai Ujian Sekolah (US) merupakan salah satu syarat penentu kelulusan siswa, selain nilai rapor dan nilai sikap siswa. Untuk itu, para siswa hendaknya dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi US. Sementara para orang tua memberikan sarana sumber belajar terbaik bagi putra putri tercintanya agar meraih nilai terbaik.

Untuk mendukung kesuksesan US, Penerbit Erlangga sebagai salah satu penerbit buku pendidikan di Indonesia menyelenggarakan Webinar Motivasi US 2022 “Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana?” Bersama narasumber Plt  Kabid SD & PKL Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs Putoyo  HS MPd dan figur publik  Shahnaz Haque. Acara itu diikuti oleh 3000 peserta guru, siswa, dan orang tua.

Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William PW mengungkapkan webinar ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada guru, siswa, dan orang tua dalam menghadapi Ujian Sekolah. “Ini juga salah satu upaya kami sebagai perusahaan penerbitan buku pendidikan, untuk membantu mempermudah orang tua dalam mendampingi putra-putri tercintanya belajar menghadapi Ujian Sekolah,” tambahnya di sela acara webinar belum lama ini.

Webinar kali ini dibagi menjadi dua sesi.  Sesi pertama pemaparan dari Putoyo mengenai “Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana?”  Dilanjutkan sesi kedua berbincang dengan Shahnaz Haque seputar pengalamannya dalam mendidik anak saat menghadapi ujian sekolah dan membangkitkan ambisi belajar anak untuk meraih hasil terbaik.

Penerbit Erlangga juga menyediakan sumber soal latihan terbimbing dan latihan mandiri dalam paket-paket soal US yaitu Erlangga X-Press US, SPM Plus US untuk SD/MI, Erlangga X-Press dan Erlangga Fokus US untuk SMP/MTs, serta Erlangga X-Press US dan Teropong US untuk SMK/MAK.

Lalu seperti apa tips agar bisa meraih nilai US terbaik? Berikut tips dari Editor senior Penerbit Erlangga, Eny Wijayanti. Pertama, pelajari dan pahami kembali materi esensial yang pernah dipelajari tiga tahun terakhir. “Materi esensial inilah yang biasanya diujikan dalam Ujian Sekolah. Caranya adalah dengan belajar materi dari rangkuman materi pokok yang tersaji dalam buku, baik secara mandiri, berkelompok, ataupun di bawah bimbingan guru,” ujarnya.

Kedua, selanjutnya, pelajari contoh-contoh soal model US yang disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

Ketiga, setelah merasa sudah paham, kemudian menguji diri dari apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan soal-soal latihan model Ujian Sekolah. Untuk mengetahui kebenaran dari jawabannya, periksa hasil jawaban dengan mencocokan dengan kunci jawaban yang tersedia.

Keempat, tahap terakhir, yaitu mengerjakan soal-soal paket simulasi US yang disediakan. Untuk memastikan jawabannya, periksa hasil jawaban dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia.

“Untuk itu, ayo latihan soal sebanyak mungkin dan terstruktur dengan soal-soal berkualitas nasional dari buku-buku US Erlangga. Selain itu, setelah membeli buku-buku US Erlangga, kalian dapat menguji kemampuan kalian dengan cara mengikuti Try Out US akbar yang diselenggarakan pada bulan Februari dan Maret 2022,” tuturnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA