Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Dukung Pengendalian Obesitas? Jangan Sediakan Gorengan Ketika Rapat

Senin 07 Mar 2022 20:31 WIB

Red: Ratna Puspita

Upaya mendukung pengendalian obesitas di masyarakat saat ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti tidak menyediakan gorengan sebagai camilan rapat. Ilustrasi

Upaya mendukung pengendalian obesitas di masyarakat saat ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti tidak menyediakan gorengan sebagai camilan rapat. Ilustrasi

Foto: Pixabay
Gorengan menyerap lemak dari minyak sehingga kalorinya bisa lebih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Upaya mendukung pengendalian obesitas di masyarakat saat ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti tidak menyediakan gorengan sebagai camilan rapat. Makanan yang digoreng umumnya menyerap lemak dari minyak sehingga kalorinya bisa lebih tinggi. 

Asupan kalori yang tinggi bisa menempatkan Anda pada kondisi kelebihan berat badan dan obesitas. "Bisa dari hal-hal kecil dari snack rapat tidak harus gorengan, itu bagian yang justru mendukung pengendalian obesitas," kata Koordinator Substansi P2 Pencegahan dan Pengendalian Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik (P2DMGM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Esti Widiastuti, M.ScPH dalam sebuah webinar kesehatan, Senin (7/3/2022).

Baca Juga

Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebih akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu lama. Pola makan sehat yakni menerapkan prinsip gizi seimbang termasuk memperhatikan jumlah, jenis, jadwal makan, dan pengolahan bahan makanan yang dianjurkan yaitu jumlah sayur sebesar 2 kali lipat jumlah sumber karbohidrat dan protein bisa membantu mencegah Anda terkena obesitas.

Namun, menurut Esti, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 memperlihatkan sekitar 95,4 persen masyarakat Indonesia justru masih kurang mengonsumsi buah dan sayur lima porsi setiap hari dalam seminggu. Di sisi lain, asupan konsumsi gula, garam dan lemak harian juga perlu menjadi perhatian. 

Esti mengingatkan, asupan gula harian yang disarankan, yakni 4 sendok makan atau 150 gram, garam 1 sendok teh atau 15 gram dan lemak sebanyak 5 sendok makan atau 67 gram. Data dari Riskesdas pada tahun yang sama menunjukkan, konsumsi gula sesuai aturan di masyarakat hanya 4,8 persen, 52,7 persen untuk takaran garam 1 sdt per hari dan 26,5 persen lemak atau atau 5 sendok makan.

"Banyak masyarakat yang konsumsi atau pola makannya cukup berisiko terhadap kejadian penyakit tidak menular," kata Esti.

Selain pola makan tak sehat, Esti mengatakan, kurang bergerak atau kurang waktu berolahraga juga turut berkaitan dengan risiko obesitas (sebanyak 33,5 persen)."Untuk mengatasi obesitas kita perlu lihat akar penyebabnya, yang bisa juga asupan makanan dan yang dikeluarkan tetapi juga faktor genetik, kebiasaan sehari-hari, atau obat-obatan tertentu," tutur Esti.

Di sisi lain, berbagi pengalaman yang menginspirasi orang sangat membantu memotivasi orang agar tak mengalami obesitas. Upaya ini juga bisa dibarengi skrining atau deteksi dini khususnya pada mereka yang berusia di atas usia 15 tahun.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA