Senin 07 Mar 2022 15:31 WIB
...

Dukungan Arsenal untuk Ukraina Justru Timbulkan Polemik

Arsenal pernah mengeklaim tidak mau terlibat dalam isu-isu politik.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Logo Arsenal.
Foto: www.arsenal.com
Logo Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah unggahan Arsenal di akun media sosial (medsos) mendapatkan sorotan tajam di dunia maya. Dalam unggahan tersebut, Arsenal terlihat menunjukkan dukungan terhadap Ukraina, yang tengah diinvasi oleh Rusia dalam dua pekan terakhir.

Unggahan di akun Twitter resmi Arsenal tersebut berupa potongan kain yang biasa digunakan di lengan pemain. Potogangan kain itu menunjukkan warna bendera Ukraina, biru-kuning dan diletakkan di atas jersey the Gunners.

Baca Juga

"Sepak Bola berdiri bersama," tulis keterangan dalam unggahan Arsenal tersebut.

Namun, unggahan ini justru menimbulkan polemik tersendiri. Pasalnya, klub asal London Utara itu menerapkan standar ganda terkait isu-isu politik internasional.

Sikap yang ditunjukkan Arsenal soal invasi Rusia ke Ukraina berbeda saat salah satu mantan pemain Arsenal, Mesut Oezil, menyuarakan dukungan terhadap Muslim Uighur pada 2019 silam.

Saat itu, Oezil, yang akhirnya dibekukan dari skuad the Gunners dan meninggalkan Arsenal, sempat mengunggah keresahannya soal ketidakadilan yang dialami Muslim Uighur oleh Pemerintah Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement