Senin 07 Mar 2022 07:01 WIB

Inggris Janji Sediakan 100 Juta Dolar AS untuk Ukraina

Inggris sediakan 100 juta dolar AS untuk menjaga fungsi dasar negara Ukraina

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Inggris akan menyediakan 100 juta dolar AS atau 75,6 juta poundsterling untuk Ukraina melalui Bank Dunia
Foto: AP/Tolga Akmen/AFP Pool
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Inggris akan menyediakan 100 juta dolar AS atau 75,6 juta poundsterling untuk Ukraina melalui Bank Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Inggris akan menyediakan 100 juta dolar AS atau 75,6 juta poundsterling untuk Ukraina melalui Bank Dunia. Dana tersebut digunakan untuk menjaga fungsi-fungsi dasar negara dapat berjalan dan memitigasi tekanan finansial yang disebabkan invasi Rusia.

Inggris berperan besar dalam respon internasional pada invasi Rusia ke Ukraina dengan menyediakan bantuan militer dan keuangan pada Ukraina serta mendesak sanksi yang lebih keras pada Kremlin. Namun pemerintah Johnson dikritik karena sanksi terlalu lambat dan program pengungsinya kewalahan.

Baca Juga

Bantuan terbaru merupakan tambahan dari 290,95 juta dolar AS atau 220 juta pounds yang telah digelontorkan Inggris. Pihak berwenang Inggris mengatakan dana ini dapat digunakan untuk membayar gaji pegawai negeri atau untuk dana pensiun dan jaminan keamanan sosial Ukraina.

"Sementara hanya Putin yang sepenuhnya dapat mengakhiri penderitaan di Ukraina, pendanaan baru hari ini akan terus membantu mereka yang mengalami memburuknya situasi kemanusiaan," kata Johnson, Ahad (6/3).

Pengumuman bantuan terbaru ini disampaikan sebelum kunjungan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte ke Inggris. Johnson akan menggunakan pertemuan itu untuk memperkuat respon internasional pada invasi Rusia. Ketiga pemimpin pemerintahan itu akan menggelar konferensi pers Senin (7/3) ini.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement