Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Perkumpilan Dalang Galang Dukungan untuk Ganjar Jadi Capres

Senin 07 Mar 2022 04:52 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Foto: Humas Pemprov Jateng
Perkumpulan Dalang dukung Ganjar maju jadi Capres pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkumpulan Seniman Tradisional dan Dalang Nusantara mendeklarasikan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024 mendatang. Mereka mengaku siap membantu menggalang suara bagi Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

"Kami siap berjuang dan mensosialisasikan, mengkampanyekan dan membela Ganjar Pranowo kepada masyarakat bangsa Indonesia," kata perwakilan Perkumpulan Seniman Tradisional dan Dalang Nusantara, Ki Saparjan Mas Dalang Gaul dalam keterangan, Ahad (6/4).

Baca Juga

Deklarasi dan pagelaran wayang nusantara ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Jalal, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan diadakan lantaran terinspirasi oleh Ganjar Pranowo dalam mendukung wayang di Indonesia.

"Sebagai relawan pendukung Ganjar Pranowo, maka Sahabat Ganjar harus mengikuti rekam jejak dari Bapak Ganjar Pranowo yang akan mempertahankan Wayang, adanya pagelaran ini membuktikan bahwa Sahabat Ganjar mendukung budaya wayang agar tetap lestari," kata Ketua DPD Sahabat Ganjar DKI Jakarta, Imron Rosyidi.

Pagelaran Wayang Nusantara tersebut juga dihadiri segenap anggota Mubaligh Indonesia Bersatu dan warga Pondok Pesantren Nurul Jalal. Adapun lakon yang diusung pada pagelaran kali ini mengambil kisah pewayangan yang berjudul "Petruk Dadi Ratu".

Ketua DPC Sahabat Ganjar Kota Jakarta Utara, Gunawan D Isma Putra berharap bahwa kegiatan melestarikan budaya ini tidak hanya dilakukan Sahabat Ganjar Jakarta saja. Dia meminta agar kegiatan serupa dilaksanakan di seluruh perwakilan Sahabat Ganjar.

"Indonesia sangat kaya akan budaya dan tradisi yang unik dan bernilai luhur. Besar harapannya dengan Pagelaran Wayang yang digelar Sahabat Ganjar dapat memicu masyarakat, utamanya generasi muda, agar tetap aktif mengenal dan melestarikan budaya bangsa," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA