Senin 07 Mar 2022 07:10 WIB

Musycab Ke-3 PCIM Turki Teguhkan Dakwah Semesta

Musycab ke-3 PCIM Turki Teguhkan Dakwah Semesta

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Musycab ke-3 PCIM Turki Teguhkan Dakwah Semesta - Suara Muhammadiyah
Musycab ke-3 PCIM Turki Teguhkan Dakwah Semesta - Suara Muhammadiyah

Musycab ke-3 PCIM Turki Teguhkan Dakwah Semesta

ANKARA, Suara MuhammadiyahPimpinan Cabang Istimewa Muhamadiyah sukses melaksanakan Musyawarah Cabang ke-3 yang dilaksanakan diWisma KBRI Ankara terletak di jalan Baku Sokak sejak Sabtu tanggal 5-6 Maret 2022.

Musyawarah cabang PCIM Turki biasanya dihadiri olehpengurus PCIM, anggota PCIM dan juga simpatisanMuhammadiyah tinggal di Turki. Peserta musycab pun turuthadir dari berbagai kota yang tersebar di wilayah Turki, mulaidari kota Istanbul, Kutahiya, Sakarya, Afiyon, Konya, Sivas dan wilayah Turki lainnya. Salah satu hal yang menarik dari Musyawarah tahun ini ialah salah satu peserta musycab yangsangat militan datang dari kota Bandirma yaitu Safira.“Pengenaja ikut meramaikan gitu. Sekalian jalan-jalan juga ke Ankara.”ungkap Safira peserta istimewa itu sedang hamil 7 bulan.  

 

Musycab PCIM Turki kali ini di buka langsung oleh SekertarisJendral Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Abdul Mu’ti. Dalam sambutannya ia menyampaikan kepada seluruh pesertamusycab ke-3 untuk turut memperkuat kultur Muhammadiyah dikancah international.

Dalam hal ini mahasiswa juga pentingikut berorganisasi untuk menambah pengalaman dalammengembangkan keilmuan.” Beliau juga mengingatkan bahwasebagai warga Muhammadiyah istimewa, kita harus tetap bisadan berupaya menjembatani beragam pemikiran dan pengalaman Islam yang ada di Turki.

Ketua Panitia, Syafiq Rizqillaah mengatakan bahwa Musycabke-3 PCIM Turki kali ini akan menjadi wadah silaturahimbersama bagi kita keluarga Muhammadiyah. Musycab kali ini kita selenggalarakan secara offline dan online. Alhamdulillaahnya lagi kita semua yang hadir dişini bisamenjalin silaturahim di momen-momen seperti ini.”ujar Syafiq.

Musycab PCIM Turki periode ini dilakukan secara daring dan laring. Mengingat pandemi gloval yang tak kunjung usai, beberapa pengurus PCIM Turki ada yang berhalangan hadirsehingga alokasi media daring masih terus dimasifkan. MelaluiMusyawarah Cabang ke-3, PCIM Turki mengusung tema yangsenada dengan Muktamar tahun ini yakni InternasionalisasiDakwah Muhammadiyah Mencerahkan Semesta. Ketua PCIM Turki, Syamsul Hidayat menjelaskan bahwa Muhammadiyahbukan lagi saatnya mengepakkan sayap di dalam negara, namunsudah waktunya Muhammadiyah mengepakkan sayap di kancahglobal.

Senada dengan hal ini, Abdul Mu’ti juga turutmerekomendasikan bahwa kedepannya PCIM Turki bisamendirikan Muhammadiyah’s triple helix of inovation di Turki. Yakni dalam gerakan pendidikan yang masif, Muhammdiyahsebagai pemegang kebijakan, Universitas sebagai basis riset dan pasar serta masyarakat sebagai wadah untuk aplikasi inovasi tersebut.

Adapun rekomendasi-rekomendasi lain yang ditawarkan untuukmasa kepengurusan PCIM 2022-2024 sendiri diantaranya; mendirikan PC LN IMM Turki dan juga mendirikan ranting PCIA Turki. (Yaya)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement