Ahad 06 Mar 2022 17:30 WIB

Lonjakan Harga Kedelai di Kudus Diikuti Kenaikan Harga Tahu Tempe

Jika harga jual kedelai kembali naik, maka terpaksa harga jual tempe akan dinaikkan.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Pekerja menata tempe (ilustrasi). Kenaikan harga kedelai diikuti kenaikan harga tahu tempe di Kudus, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Pekerja menata tempe (ilustrasi). Kenaikan harga kedelai diikuti kenaikan harga tahu tempe di Kudus, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Tingginya harga jual kedelai impor di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat ini mencapai Rp 11.500 per kilogram, juga diikuti kenaikan harga jual tahu tempe di pasaran. Pengrajin tahu tempe sebelumnya sempat dipertahankan sambil menunggu harga kedelai stabil.

"Sebetulnya harga jual tempe hingga kini memang belum naik, tapi dari sisi ukuran barangnya memang berkurang. Jika sebelumnya dengan uang sebesar Rp 3.000 bisa mendapatkan tempe berukuran panjang 20 centimeter, maka saat ini panjangnya dikurangi," kata Suntono, salah satu perajin tempe di Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, Ahad (6/3/2022).

Baca Juga

Meskipun terjadi kenaikan harga kedelai impor, kata dia, produksinya masih tetap menghabiskan kedelai sebanyak 1,5 kuintal per hari. Jika harga jual kedelai kembali naik, maka terpaksa harga jualnya akan dinaikkan karena mengurangi ukuran terus menerus tentu bisa berdampak pada minat pembeli.

"Ukuran tempe saat ini saja sudah ada yang protes karena lebih kecil dibanding sebelumnya. Jika harga kedelai impor ternyata naik lagi, maka tidak ada jalan lain kecuali menaikkan harganya karena ukuran tempe saat ini memang sudah tergolong kecil dibandingkan sebelumnya," ujarnya.

Anam, pedagang sayur mayur dari Kecamatan Dawe mengakui harga jual tahu maupun tempe sebenarnya sudah naik, karena sebelumnya dengan uang Rp 3.500 bisa mendapatkan lima potong tahu berukuran 6x8 cm, kini mendapatkan jumlah yang sama namun ukurannya lebih kecil dari sebelumnya. Demikian halnya untuk tempe, sepintas memang tampak sama harganya, namun ukurannya jauh lebih kecil.

Yeye, pedagang gorengan mengakui harga jual tempe goreng maupun tahu masih tetap sama, Rp 1.000 per buah. Namun, ukurannya menyesuaikan karena saat ini memang oleh produsennya diperkecil, baik tahu maupun tempe.

Manajer Primer Koperasi Tahu-Tempe Indonesia (Primkopti) Kabupaten Kudus Amar Ma'ruf menambahkan, harga jual kedelai hari ini, Ahad (6/3/2022) sudah naik lagi menjadi Rp 11.500/kg, sedangkan pertengahan Februari 2022 masih berkisar Rp 11.000/kg. Ia memperkirakan pekan depan harganya akan naik lagi karena stok kedelai mulai berkurang.

Bahkan, saat ini stok kedelai impor di gudang yang tersedia hanya 25 ton karena sebelumnya bisa mencapai 60-70 ton, sehingga sangat kurang karena permintaan sehari bisa mencapai 15 ton lebih. Sedangkan kedelai lokal yang biasanya menjadi alternatif hingga kini belum tersedia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement