Ahad 06 Mar 2022 15:32 WIB

Survei Key Opinion Leader, RK dan Erick Thohir Bisa Ungguli Prabowo

PPC dan PPI melakukan survei key opinion leader bakal capres 2024.

Survei PPC dan PPI: Ganjar, Anies, dan Sandi di Posisi Tiga Besar. Foto:  Ilustrasi Pilpres
Foto: Foto : MgRol112
Survei PPC dan PPI: Ganjar, Anies, dan Sandi di Posisi Tiga Besar. Foto: Ilustrasi Pilpres

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hasil survei pendapat key opinion leader (KOL) terhadap bakal capres 2024 dirilis oleh lembaga survei Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI). Adapun hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di puncak diikuti oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diurutan kedua dan ketiga.

Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno mengatakan, survei PRC dan PPI digelar sejak 5 Januari hingga 5 Februari 2022 menggunakan studi kualitatif. Ada 207 tokoh berpengaruh di bidangnya (KOL) yang diwawancara secara tatap muka.

Baca Juga

Ratusan tokoh yang tersebar di 34 provinsi itu terdiri atas enam latar belakang. Yakni yang meliputi akademisi, agamawan, budayawan, praktisi media, pelaku ekonomi, dan aktivis LSM.

Aspek yang disurvei ialah visioner, kepemimpinan politik, intelektualitas, keterampilan politik, keterampilan komunikasi politik, stabilitas emosi, gaya kepemimpinan, religiusitas dan nasionalisme, penampilan, integritas moral, serta kapabilitas.

Hasil survei seluruh aspek, Ganjar Pranowo berada di posisi puncak dengan perolehan suara 7,51 persen. Di tempat kedua dan ketiga ada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Sementara Prabowo ada di posisi ke enam dengan perolehan suara 6,85 persen. Ada juga nama Ketua DPR RI Puan Maharani yang berada di posisi terakhir.

Berikut ini hasilnya survei PRC-PPI:

1. Ganjar Pranowo 7,51%

2. Anies Baswedan 7,32%

3. Sandiaga Uno 7,20%

4. Ridwan Kamil 7,14%

5. Erick Thohir 6,88%

6. Prabowo Subianto 6,85%

7. Andika Perkasa 6,69%

8. Muhaimin Iskandar 6,54%

9. Airlangga Hartarto 6,41%

10. Agus Harimurti Yudhoyono 6,31%

11. Puan Maharani 5,80%

Adi Prayitno mengatakan dari 11 nama yang disodorkan semuanya memiliki rata-rata nilai yang cukup baik. Dari 11 nama yang disodorkan, semuanya rata-rata mendapat nilai 6-7.

"Artinya, dari 11 nama-nama capres yang kemudian kita survei terhadap key opinion leader itu mendapatkan angka yang rata-rata cukup baik, di angka 6 dan 7. Dalam skala yang kita buat, 6 dan 7 itu angka yang cukup baik," kata Adi Prayitno saat merilis survei bertajuk 'Persepsi Key Opinion Leader (KOL) Terhadap Capres 2024' di Jakarta Pusat, Ahad (6/3/2022).

"Secara umum publik melihat bahwa siapapun yang nanti akan menjadi presiden adalah mereka yang saat ini dianggap memiliki 11 kriteria yang dianggap cukup baik oleh para key opinion leader yang kita survei," katanya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement