Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Arab Saudi Umumkan Jamaah Bisa Sholat di Masjid Haramain tanpa Izin

Ahad 06 Mar 2022 13:33 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Saudi Umumkan Jamaah Bisa Sholat di Masjid Haramain Tanpa Izin. Foto: Ilustrasi umroh

Saudi Umumkan Jamaah Bisa Sholat di Masjid Haramain Tanpa Izin. Foto: Ilustrasi umroh

Foto: AP Photo/Amr Nabil
Sholat Masjidil Haram diperbolehkan Arab Saudi tanpa izin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan bahwa tidak perlu untuk jamaah di Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi (Masjid Haramain) mendapatkan izin dan membuat janji untuk melakukan sholat di Masjidil Haram di Makkah.

Dilansir di Saudi Gazette, Ahad (6/3), keputusan baru ini berarti bahwa jamaah dapat berdoa dan melaksanakan ibadah di Masjid Haramain serta mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW tanpa perlu mengeluarkan izin apa pun.

Baca Juga

Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengumumkan bahwa penerbitan izin masih akan diterapkan untuk melakukan umrah dan sholat di al-Rawdah Sharifa.

“Menunjukkan status kesehatan kekebalan pada aplikasi Tawakkalna adalah satu-satunya prasyarat untuk masuk dan melakukan sholat di Masjid Haramain,” bunyi surat pernyataan resmi dari Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Sebelumnya diketahui, para jamaah haji dan umrah harus mengatur izin terlebih dahulu apabila hendak melakukan ibadah di Masjid Haramain. Hal itu mengingat adanya peraturan protokol kesehatan Covid-19 yang ada untuk memproteksi para jamaah dari penyebaran virus pandemi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA