Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Luncurkan Buku Pemuda Negarawan, Cak Nanto: Indonesia Surplus Politisi, Defisit Negarawan

Ahad 06 Mar 2022 12:28 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Luncurkan Buku Pemuda Negarawan, Cak Nanto: Indonesia Surplus Politisi, Defisit Negarawan

Luncurkan Buku Pemuda Negarawan, Cak Nanto: Indonesia Surplus Politisi, Defisit Negarawan

Foto: istimewa
Buku Pemuda Negarawan merupakan refleksi kebangsaan Cak Nanto.

REPUBLIKA.CO.ID,JAMBI -- Bertepatan dengan tema “Gerakan Pemuda Negarawan” pada Tanwir II Pemuda Muhammadiyah, Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto meluncurkan buku berjudul “Pemuda Negarawan”.

Diluncurkan dalam rangkaian acara seremonial pembukaan Tanwir II Pemuda Muhammadiyah yang bertempat di Ratu Convention Center Jambi, Jumat (4/3) buku Pemuda Negarawan merupakan refleksi kebangsaan Cak Nanto.

Baca Juga

“Beberapa waktu ini saya mencoba meng-capture persoalan kebangsaan dan kepemimpinan nasional sependek daya jangkau saya sebagai seorang aktivis. Hipotesis saya masih sama, bahwa hari ini kita surplus politisi namun defisit negarawan,” ungkap Cak Nanto, Sabtu (5/3/2022).

Dari perjalanan panjangnya di kancah politik nasional, dirinya lalu mencoba mereplika berbagai karakter tokoh negarawan yang lahir dari rahim Persyarikatan.

Catatan tentang teladan kenegarawanan tokoh-tokoh Persyarikatan diharapkannya menjadi pemantik Angkatan Muda Muhammadiyah, terutama Pemuda Muhammadiyah untuk membibit calon-calon negarawan yang inklusif dan berdiri untuk kepentingan semua golongan tanpa diskriminasi.

“Sebuah ikhtiar kecil dari saya, sebagai upaya membangun peta jalan pergerakan anak-anak muda Muhammadiyah. Tentu dengan sebuah spirit tunggal, yakni menerbitkan setidaknya tunas-tunas Negarawan Muda Muhammadiyah,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam launching buku “Pemuda Negarawan”, Cak Nanto menghadiahkan buku tersebut kepada para tokoh yang hadir, termasuk Kabaintelkam Polri, Komjen Pol H Ahmad Dofiri dan Gubernur Jambi, Al Haris.

Selain launching buku “Pemuda Negarawan”, PP Pemuda Muhammadiyah juga meluncurkan buku “KOKAM: Panduan Provpan” yang diserahkan secara simbolik kepada para tokoh oleh Komandan Nasional KOKAM PP Pemuda Muhammadiyah, Zainudin. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA