Sabtu 05 Mar 2022 20:32 WIB

Amankan Tiga Poin, Arema Naik ke Peringkat Kedua

Arema FC mengalahkan Barito Putera 2-1.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arema FC memetik kemenangan penting 2-1 atas Barito Putera pada laga lanjutan pekan ke-29 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Sabtu (5/3/2022) malam. Tambahan tiga poin membawa Arema ke peringkat kedua klasemen sementara.

Tim asuhan Eduardo Almeida saat ini telah memperoleh 58 poin, tertinggal dua poin dari Bali United di puncak klasemen. Namun, posisinya belum aman karena Persib Bandung sebentar lagi akan menghadapi Persiraja Banda Aceh. Jika Persib menang maka posisi mereka otomatis tergeser.

Baca Juga

Arema mendapat peluang di menit ke-17 saat Fortes menyambut umpan tendangan sudut dengan tandukan. Namun ia yang berada dalam posisi bebas tanpa penjagaan gagal mengarahkan bola ke gawang.

Dua menit berselang Arema akhrinya berhasil mencuri keunggulan ketika Rafli mampu menyarangkan bola ke gawang ketika mendapat umpan pendek dari Alfarizie di depan kotak penalti. Tendangan mendatar yang mengarah ke sisi kanan gagal diamankan kiper.

Sejurus kemudian, Barito menciptakan peluang emas ketika kombinasi serangan berhasil mencapai area pertahanan Arema. Bruno Matos mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti namun upayanya masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke-25 Bruno menciptakan peluang ke gawang Arema melalui umpan tendangan bebas. Namun, tendangan melengkung yang mengarah ke depan gawang gagal disambut dengan baik oleh Renan Alves sehingga hanya menghasilkan tendangan kiper.

Arema sukses menambah keunggulan di menit ke-36 ketika operan dari Dedik di sisi kiri pertahanan Barito dilanjutkan dengan umpan oleh Alfarizie ke tengah kotak penalti. Fortes yang berdiri bebas tanpa kawalan berhasil manyarangkan bola ke gawang dengan tandukannya.

Pada babak kedua Barito berupaya lebih keras untuk memperkecil ketertinggalan. Pada menit ke-57 Rafael mendapat peluang ketika menerima umpan dari Rizky Pora di kotak penalti. Namun tendangan setengah volinya masih bisa ditepis oleh Maringa.

Barito terus menekan pertahanan Arema. Umpan ke tengah gagal dibersihkan oleh Maringa, beruntung bola yang mengarah ke gawang berhasil disapu oleh Fabiano di menit ke-65. Ia melakukan penyelamatan penting ketika terjadi kemelut di depan gawang.

Pada menit ke-72 peluang kembali dimiliki Barito. Umpan-umpan lambung terjadi di area berbahaya Arema, hingga bola jatuh mengarah ke Bruno yang berdiri bebas di depan gawang, namun sepakan dengan kaki kirinya tidak tepat sasaran.

Barito akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-89 ketika Renan akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Arema. Berawal dari umpan Bruno kepada Rafael kemudian kepada Renan yang langsung melepaskan tembakan ke gawang. Skor berubah menjadi 2-1 yang bertahan hingga akhir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement