Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Your Bestie

Inilah Resep Sambal Matah Khas Bali Yang Dijamin Menambah Selera Makan Anda

Kuliner | Saturday, 05 Mar 2022, 18:41 WIB

Resep sambal matah - Tahukah anda? Ada banyak sekali cara untuk menambah selera makan. Ya, salah satunya yaitu dengan menambahkan sambal pada menu makanan anda. Kebanyakan dari orang Indonesia memang sangat menyukai pedas sehingga tidak mengherankan jika sambel selalu menjadi pelengkap paling sempurna yang membuat selera makan menjadi semakin bertambah. Berbicara tentang sambal, ada beberapa jenis sambal yang bisa anda buat salah satunya yaitu sambal matah.

Sambal Matah, Sambal Khas Pulau Dewata

Berbicara tentang Bali, tentunya siapa sih yang tidak tahu dengan daerah satu ini. Pulau cantik yang sudah terkenal akan keelokan geografisnya ini memang selalu menarik perhatian. Selain menyajikan pemandangan yang sangat elok, Bali juga memiliki beragam kuliner khas yang sedap untuk dinikmati. Nah, salah satu kuliner khas Bali tersebut yaitu sambal matah.

Sambal matah merupakan salah satu bumbu tradisional Bali yang bisa anda temukan di seluruh daerah di Provinsi Bali. Penamaan sambal matah ini diambil dari sambal yang berarti sambal dan matah yang berarti mentah. Jadi, sambal mentah sendiri merupakan sambal yang berbahan mentah tanpa harus diulek atau digerus.

Ya, tidak seperti sambal-sambal jenis lainnya yang umumnya diulek, sambal matah ini memang cukup berbeda terlebih lagi menggunakan bahan mentah dalam pembuatannya. Walaupun bahan-bahan yang digunakan mentah dan tidak diulek, namun jika soal rasa dijamin anda akan ketagihan. Makan sambal matah kini tidak hanya bisa dinikmati di Bali saja, karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Nah, berikut resep sambal matah khas Bali yang dijamin akan menambah selera makan anda.

Inilah Resep Sambal Matah Khas Bali Yang Dijamin Bisa Buat Anda Ketagihan!

Daripada repot-repot pergi ke Bali untuk mencoba sambal matahnya, belum lagi pandemi ini belum berakhir, lebih baik anda membuat sambal tersebut sendiri di rumah. Ya, membuat sambal matah tentu tidaklah sulit sehingga anda bisa membuatnya sendiri. Tanpa basa-basi lagi, berikut resep sambal matah khas Bali yang bisa anda coba di rumah:

Bahan-bahan Yang Harus Disiapkan:

- 15 siung bawang merah yang sudah diiris halus.

- 3 siung bawang putih yang sudah dicincang halus.

- 3 batang serai, ambil bagian dalamnya lalu iris halus.

- 2 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya.

- 10 cabai rawit merah atau disesuaikan, diiris halus.

- 5 lembar daun jeruk purut yang sudah dibuang tulangnya lalu iris halus.

- Garam

- ½ sendok makan terasi yang sudah dibakar lalu haluskan.

- Minyak goreng.

Langkah Membuat Sambal Matah:

1. Pertama, siapkan wadah lalu setelah itu campurkan semua bahan yang sudah diiris tadi kedalam satu wadah.

2. Jika sudah tercampur, tambahkan terasi bakal yang sudah dihaluskan tersebut lalu campur kembali hingga merata.

3. Panaskan wajan lalu tuang minyak goreng. Jika sudah panas matikan api kembali.

4. Campur minyak goreng tersebut ke bahan sambal matah dan kemudian tambahkan garam secukupnya serta air jeruk nipis.

5. Sambal matah khas Bali siap disajikan dengan lauk dan nasi putih hangat.

Tips Agar Sambal Matah Lebih Nikmat

- Tambahkan kecombrang sesuai dengan selera anda.

- Bahan utama seperti bawang merah, minyak dan bahan lainnya dicampur dengan menggunakan tangan dan sedikit diremas menggunakan jari agar aromanya lebih terasa.

- Gunakan sambal matah tersebut sebagai bumbu tambahan untuk ikan bakar agar lebih nikmat.

Nah itulah resep sambal matah khas Bali yang dijamin akan membuat selera makan anda bertambah. Sekilas sambal matah memang mirip dengan sambal dabu-dabu dari Manado. Namun walaupun disebut mirip tentu terdapat perbedaan dari keduanya. Ingin tau lebih banyak tentang resep sambal yang ada di Indonesia? Yuk kunjungi terasjatim.id untuk cek kumpulan resep sambal terbaru.

Rekomendasi Sambal Matah di Shopee

Eitssss, tunggu dulu malas mau bikin sambal matah? Tenang kami akan kasih kamu rekomendasi link pembelian sambal matah di Shopee:

1. Sambal Matah Toples TERENAK DI INDONESIA by Sambal Ayam Nagih

Pertama datang dari spesialis sambal matah terenak di Indonesia yaitu brand Ayam Nagih. Klik disini untuk Link Pembelian

2. Sambal Bawang/Terasi/Jontor/Hijau/Rica Sambel Mr.Crispy

Untuk yang kedua ini rasanya luar biasa dan kalian harus coba. Buat yang penasaran untuk link pembeliannya kalian bisa langsung check out disini.

3. Sambal Matah Original GLEDEK PA DOEL Pedas Mercon Nampol

Yang terakhir ini yang paling murah tapi rasanya nggak murahan yaa. Kalian bisa langsung aja beli di link ini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image