Jumat 04 Mar 2022 19:24 WIB

Blinken: NATO Siap Jika Konflik Datang

Menlu NATO mengadakan pertemuan luar biasa untuk membahas perang Rusia-Ukraina

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

BRUSSELS -- NATO lebih suka menghindari konfrontasi dengan Rusia tetapi siap jika "konflik datang," kata Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken pada Jumat (4/3/2022).

NATO "adalah aliansi defensif. Kami tidak mencari konflik. Tetapi jika konflik datang kepada kami, kami siap untuk itu," kata Blinken kepada wartawan dalam perjalanannya ke pertemuan luar biasa menteri-menteri luar negeri NATO di Brussel.

Baca Juga

Blinken juga berjanji NATO akan mempertahankan "setiap inci" wilayahnya menyusul perkembangan terbaru dalam perang antara Rusia dan Ukraina.

Dalam pidato pembuka, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengutuk "invasi brutal Rusia ke Ukraina" dan serangan terhadap warga sipil.

Dia menunjukkan bahwa laporan terbaru bahwa pasukan Rusia yang menyerang pembangkit nuklir Zaporizhzhia, Ukraina "menunjukkan kecerobohan perang ini."

Stoltenberg juga mengulangi seruan NATO pada Rusia untuk menarik semua pasukannya dan terlibat dalam pembicaraan diplomatik.

Para menteri luar negeri Swedia dan Finlandia, serta diplomat tinggi Uni Eropa Josep Borrell, juga ambil bagian dalam pertemuan itu.

Pekan lalu, NATO memutuskan mengaktifkan rencana pertahanannya yang memungkinkannya menyebarkan pasukan di wilayah NATO.

Sejak perang pada 24 Februari, Rusia telah menjadi sasaran kemarahan komunitas internasional dan Uni Eropa, Inggris, dan AS menerapkan berbagai sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Menurut data PBB, 227 warga sipil telah tewas dan 525 terluka di Ukraina sejak awal perang. Namun, pihak berwenang Ukraina menyebutkan jumlah korban tewas lebih dari 2.000 orang.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/blinken-nato-siap-jika-konflik-datang/2523728
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement