Jumat 04 Mar 2022 16:04 WIB

Inilah Keistimewaan Jurusan Informatika

Informatika, menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati kaum muda.

Informatika, menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati kaum muda. Pasalnya, jurusan ini memiliki banyak prospek dan peluang karier.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Informatika, menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati kaum muda. Pasalnya, jurusan ini memiliki banyak prospek dan peluang karier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jurusan Informatika, dahulu disebut Teknik Informatika. Jurusan ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal, guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Disiplin ilmu ini, berfokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan dan jaringan komputernya.

Informatika, menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati kaum muda. Pasalnya, jurusan ini memiliki banyak prospek dan peluang karier.

Baca Juga

Berbagai ilmu pengetahuan, terkait dengan bidang teknologi, dipelajari di jurusan ini. Mulai dari ilmu fisika, ilmu kimia dan ilmu matematika.

Selain itu, kuliah jurusan Informatika juga mempelajari sistem komputer, sistem jaringan, matematika dan algoritma, bahasa pemrograman hingga desain dan interaksi manusia dengan komputer.

Oleh karena itu, jurusan Informatika memiliki beberapa keistimewaan yang dapat menjadi bekal kamu dalam berkarier dan mendapat peluang terbaik di dunia industri.

Berikut beberapa keistimewaannya:

Peka terhadap perkembangan teknologi

Mahasiswa jurusan Informatika, biasanya lebih peka terhadap perkembangan teknologi terkini. Sebab, apa yang dipelajarinya selalu berkaitan dengan teknologi.

Mereka mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi menjadi sebuah skill yang berguna untuk inovasi yang tiada batas.

Mampu menciptakan dan mengembangkan Software

Mereka yang memilih jurusan Informatika dapat berbangga diri, sebab pada kebanyakannya orang lebih memilih menikmati software yang sudah ada.

Akan tetapi, mahasiswa jurusan Informatika mampu menciptakan aplikasi maupun software yang dapat berfungsi jangka panjang.

Selain itu, mereka juga mampu terus berinovasi mengikuti kebutuhan pasar di bidang teknologi sehingga prospek kerjanya pun terbuka luas.

Mampu memahami proses kerja dan informasi Hardware

Perkembangan teknologi yang begitu canggih, mampu dikuasai dan dipahami oleh generasi muda yang memilih jurusan Informatika ini.

Bagi mereka, pemrosesan data dalam komputer yang tergolong rumit oleh sebagian orang awam, namun bagi mereka akan sangat mudah dioperasikan.

Oleh karena itu, mahasiswa Informatika mampu menciptakan sistem baru dalam komputer yang berguna bagi perkembangan zaman, kemudian disebut sebagai penemu perangkat baru bidang teknologi komputer.

Menjadi ahli yang kompeten

Dengan ilmu pengetahuan bidang teknologi, tentu saja peluang kerja cukup banyak menanti mereka, untuk turut andil menjadi para ahli yang kompeten.

Ahli yang kompeten di bidang teknologi, saat ini banyak dicari dan menjadi incaran berbagai perusahaan, baik nasional maupun internasional. Maka, mahasiswa lulusan Informatika patut berbangga dan komitmen di bidangnya.

Ketua program studi (kaprodi) Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri (UNM), Arfhan Prasetyo mengatakan, saat ini sesuai dengan visinya, UNM akan menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan berinovasi berbasis teknologi informasi pada 2035.

“Dengan visi tersebut, maka jurusan Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berinovasi di bidang teknik informatika, serta mampu beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan teknologi informasi,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (4/3/2022).

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa, jurusan Informatika membekali mahasiswa tidak hanya hard skill seperti penguasaan bidang komputasi, berpikir kritis dan mahir menggunakan teknik dan perangkat komputasi, akan tetapi juga ditanamkan soft skill seperti mampu berkomunikasi yang efektif, mampu terlibat secara profesional dan sosial juga memiliki jiwa kepemimpinan yang andal, dapat bekerja sama dan cakap dalam hal berwirausaha. Ini semua guna menghadirkan hal yang bermanfaat untuk dirinya, masyarakat dan negara.

“Jurusan Informatika juga membekali mahasiswa dengan budaya digital society dengan membiasakan mahasiswa melalui literasi teknologi dan digital. Hal ini untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam berfikir kritis dan melatih mahasiswa berkolaborasi dalam memecahkan masalah,” ungkapnya.

Selain itu, mahasiswa Informatika juga dibekali dengan kemahiran dalam teknologi informasi yakni dengan tambahan keahlian dalam menghadapi era digital saat ini, yaitu dengan kemampuan wirausaha untuk menumbuhkan jiwa mandiri, kreatif dan inovatif berdaya saing.

“Berbagai keahlian baik soft skill maupun hard skill yang dimiliki mahasiswa Informatika mampu menjadi bekal yang mumpuni dalam menjawab segala tantangan masa depan. Maka, ayo generasi segera bergabung di Universitas Nusa Mandiri UNM),” tutupnya.

Bagi kamu yang inign mendaftar di UNM, segera mendaftarkan diri melalui https://daftar.nusamandiri.ac.id/ atau dapat mengunduh di playstore, aplikasi MyNusa PMB secara gratis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement