Jumat 04 Mar 2022 07:39 WIB

Siapkan Stimulus Paket Sembako, BIN Kebut Vaksinasi Lansia dan Anak di Kalsel

Binda Kalsel juga melibatkan tokoh masyarakat dan agama setempat dalam vaksinasi

Rep: ronggo astungkoro/ Red: Hiru Muhammad
Gubernur Kalimantan Selatan mengucapkan syukur mendalam  atas terlampauinya target vaksinasi covid 19. Sejak dilantik Presiden Jokowi pada 25 Agustus 2021 lalu, Paman Birin bersama Wakil Gubernur H Muhidin berkomitmen fokus penangan pandemi Covid 19 di Kalsel.
Foto: istimewa
Gubernur Kalimantan Selatan mengucapkan syukur mendalam atas terlampauinya target vaksinasi covid 19. Sejak dilantik Presiden Jokowi pada 25 Agustus 2021 lalu, Paman Birin bersama Wakil Gubernur H Muhidin berkomitmen fokus penangan pandemi Covid 19 di Kalsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Selatan (Binda Kalsel) menyuntikkan sebanyak 110.625 dosis vaksin sepanjang Februari 2022. Mereka terus mengakselerasi capaian vaksinasi tersebut dengan fokus pada lansia dan anak usia 6-11 tahun serta warga yang ada di daerah pedalaman.

"Kita terus mengakselerasikan capaian dengan menjangkau semua kalangan masyarakat, terutama lansia dan anak. Kita juga menyasar warga daerah pedalaman agar semua menerima vaksin Covid-19," tutur Kepala Binda Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto, lewat keterangannya, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan, untuk mencapai target vaksinasi yang dituju, Binda Kalsel kembali menggelar vaksinasi massal dengan menggandeng Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel. Mereka melaksanakan vaksinasi di Desa Berangas Barat, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

Heri menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya mengejar capaian vaksinasi. Salah satu upaya yang dia lakukan untuk menarik minat masyarakat untuk mau melakukan vaksinasi adalah dengan menyiapkan paket sembako untuk mereka.

"Kami menyiapkan paket sembako sebagai stimulus untuk dibagikan kepada masyarakat. Dengan harapan, antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 semakin meningkat," ujar Heri.

Pada kesempatan vaksinasi massal itu, Heri turut mengajak tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga pemuka agama. Langkah itu juga diambil untuk mengimbau masyarakat agar mau atau bersedia untuk melakukan vaksinasi."Kami sediakan vaksin Covid-19 secara lengkap hingga booster, sebagai bentuk ikhtiar kita menjaga diri di masa pandemi Covid-19 ini," kata dia.

Di sisi lain, dalam upaya berikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kegiatan vaksinasi terus digelorakan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin. Meski di hari libur, Paman Birin tetap turun ke desa untuk memantau langsung kegiatan vaksinasi bergerak sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat dan tim yang  bertugas.

Seperti dilakukan pada Senin (28/2/2022), di mana oleh pemerintah ditetapkan sebagai  hari libur nasional, yakni Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW,  kepala daerah dikenal dekat dengan rakyatnya itu tetap memanfaatkan waktu libur dengan menyapa masyarakat.

Gubernur Sahbirin Noor  meninjau vaksinasi bergerak di Desa Sungai Alang, dan Awang Bangkal Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Vaksinasi bergerak di dua tempat tersebut difasilitasi Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan.

Gubernur H Sahbirin Noor mengatakan, Vaksinasi Bergerak merupakan usaha atau ikhtiar bersama untuk mewujudkan kekebalan rakyat banua dari Covid-19. Menurut Paman Birin, melawan Covid-19 tidak semudah membalikan telapak tangan perlu segenap usaha untuk memutus penyebarannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement