Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ramon Momon

Rekor Pembelian Pemain Termahal Chelsea di Era Roman Abramovich

Olahraga | Thursday, 03 Mar 2022, 21:31 WIB

Keputusan Roman Abramovich menjual Chelsea menjadi perhatian publik dan pencinta sepak bola. Abramovich telah mengubah Chelsea menjadi salah satu klub sepak bola kuat di Eropa, sejak diambil alih 19 tahun lalu.

Abramovich juga tak ragu menggelontorkan dana segar dalam jumlah besar untuk memboyong pemain-pemain bintang ke Stamford Bridge. Berikut sejumlah pemain yang dibeli Chelsea dengan harga mahal selama selama dibawah kendali Roman Abrahamovich sejak 2003:

1. Damien Duff

Damien Duff dibeli Chelsea pada 2003 dari Blackburn Rovers dengan harga 17 juta poundsterling. Transfer ini mengalahkan harga Jimmy Floyd Hasselbaink yang dibeli dengan harga 15 juta poundsterling dari Atletico Madrid pada tahun 2000.

Damien Duff sukses membawa Chelsea juara Liga Primer Inggris. Bersama dengan Arjen Robben, Duff menjadi duo pemain sayap tangguh di Liga Inggris.

2. Didier Drogba

Drogba diboyong dari Marseille pada 2004 dengan harga 24 juta poundsterling. Drogba menjadi pemain kunci saat Chelsea merebut trophi Liga Champions pada 2012. Pemain asal Pantai Gading itu menjadi striker mematikan di Liga Inggris

3. Michael Essien

Setelah Drogba, Chelsea kembali memboyong pemain asal Ligue 1 Prancis. Michael Essien ditebus dengan harga 24 juta poundsterling pada 2005. Meski begitu, pemain asal Ghana ini kurang bersinar dibanding Drogba, lantara sering dibalut cedera.

4. Andriy Shevchenko

Tampil apik bersama AC Milan, membuat Chelsea kepincut terhadap Andriy Shevchenko. Pemain asal Ukraina itu kemudian diboyong ke Stamford Bridge dengan harga 30 juta poundsterling pada 2006. Sayang, Shevchenco gagal menunjukan penampilan apik seperti kala membela Rossoneri.

5. Fernando Torres

Fernando Torres dibeli dari Liverpool pada tahun 2011 dengan harga 50 juta poundsterling. Transfer itu membuat pendukung the Reds marah lantaran Torres merupakan stiker andalan di Anfield. Namun yang terjadi, performa Torres justru jauh menurun dibanding saat membela Liverpool.

6. Alvaro Morata

Morata menjadi pemain berikutnya yang dibeli Chelsea dengan harga fantastis, yakni sebesar 58 juga poundsterling dari Real Madrid pada 2017. Namun, Morata juga menambah panjang daftar striker yang gagal bersinar di Chelsea. Pemain Spanyol itu hanya bertahan satu setengah musim, mencetak 16 gol liga.

7. Kepa Arrizabalaga

Kepa Arrizabalaga memecahkan rekor transfer kiper termahal saat Chelsea membelinya dari Athletic Bilbao pada 2018. Ditebus dengan harga 71 poundsterling, Kepa diproyeksikan untuk menggantikan Thibaut Courtois. Namun, justru Kepa tak mampu memberikan performa apik, dan kini menjadi kiper cadangan dari Mendy. Terakhir Kepa gagal membawa Chelsea juara piala Carabao melawan Liverpool.

8. Kai Havertz

Kai Havertz dibeli dari Bayer Leverkusen dengan harga 76 juta poundsterling pada 2020. Meski sempat sulit menunjukan performa apik, penampilan Havertz membaik. Havertz juga menjadi pahlawan Chelsea dapa Liga Champions musim lalu dan Piala Dunia Antarklub tahun 2020 ini.

9. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku mungkin menjadi pembelian termahal Chelsea di era Abrahamovich. Lukaku dibawa pulang dari Inter Milan dengan harga 98 juta poundsterling pada 2021 lalu.

Lukaku sempat menunjukan performa apik diawal kedatangannya. Namun kini, penampilannya berkurang dan bukan tidak mungkin memperpanjang rekor flop Chelsea untuk pemain di posisi striker.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image