Kamis 03 Mar 2022 20:15 WIB

Masuk Nominasi, Nadia Kaft Akan Jadi Hakim Berhijab Pertama di AS

Nadia Kahf menjadi salah satu kandidat hakim di negara bagian New Jersey.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Muslimah Amerika (ilustrasi),
Foto: Andres Kudacki/AP
Muslimah Amerika (ilustrasi),

IHRAM.CO.ID,  NEW JERSEY -- Nadia Kahf menjadi salah satu dari sejumlah wanita Muslim yang akan menjabat sebagai hakim Pengadilan Tinggi Negara Bagian New Jersey. Setelah dinominasikan oleh Gubernur New Jersey Phil Murphy pekan ini, Kahf menjadi bagian dari 15 kandidat yang akan ditugaskan di Passaic County, New Jersey.

"Saya kewalahan dan sangat senang dan sangat terhormat juga," kata Kahf, (50 tahun), dalam sebuah wawancara yang dikutip Republika.co.id, Kamis (3/3/2022). 

Baca Juga

"Saya senang karena posisi itu akan mencerminkan penduduk New Jersey dan kami bergerak ke arah itu,” sambungnya. 

Pada praktik hukumnya di Haledon, Kahf mengkhususkan diri dalam hukum keluarga dan telah menangani kasus-kasus imigrasi. Sejak tahun 2003, dia telah bertugas di dewan Dewan Hubungan Amerika-Islam cabang New Jersey, sebuah organisasi hak-hak sipil Muslim, dan dia adalah ketuanya. Dia juga merupakan ketua Islamic Center of Passaic County, salah satu masjid terbesar di negara bagian, dengan kampus di Paterson dan Clifton. 

Kahf, yang datang ke AS dari Suriah sejak usia 2 tahun, adalah penasihat hukum Wafa House, lembaga layanan sosial dan kekerasan dalam rumah tangga nirlaba yang berbasis di Clifton. Jika terpilih, Kahf akan menjadi hakim negara berhijab pertama, tetapi bukan Muslim pertama. Sebelumnya, dua wanita Muslim, Sharifa Salaam dan Kalimah Ahmad, masing-masing telah menjabat sebagai hakim Pengadilan Tinggi di kabupaten Essex dan Hudson. Adapula Hakim Sohail Mohammed bertugas di Passaic County, dan Hany Mawla, mantan hakim Pengadilan Tinggi, sekarang memimpin Divisi Banding.

Selain Kahf, Gubernur New Jersey Phil Murphy juga menominasikan Rahat Babar, mantan wakil jaksa agung yang mengawasi litigasi untuk kantor gubernur, untuk mengisi kursi di Pengadilan Tinggi di Mercer County. Babar, yang juga beragama Islam, adalah mantan direktur pelibatan masyarakat di Kantor Kejaksaan Agung New Jersey dan mantan presiden Asosiasi Pengacara Amerika Asia Pasifik Pennsylvania.

Kahfi dan Babar dinominasikan pada saat kepemimpinan Muslim Amerika tumbuh di berbagai bidang termasuk politik, kedokteran, dan pendidikan di negara bagian di mana 3 persen dari populasi mengidentifikasi diri sebagai Muslim.

Sebelumnya, Shama Haider, dari Tenafly, dan Sadaf Jaffer, dari Montgomery Township, terpilih menjadi anggota Majelis New Jersey dalam pemilihan November, menjadi Muslim pertama yang bertugas di Badan Legislatif negara bagian. Kedua wanita itu termasuk di antara lebih dari 35 Muslim yang mencalonkan diri untuk jabatan di New Jersey dalam ras negara bagian dan lokal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement