Kamis 03 Mar 2022 12:30 WIB

Reformasi Visi 2030 Membawa Peluang bagi Wanita Arab Saudi dalam Sains

Reformasi Visi 2030 Membawa Peluang bagi Wanita Saudi dalam Sains Arab.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
Apple mengumumkan peluncuran pusat pelatihan pengembangan khusus wanita di Arab Saudi. Akademi tersebut merupakan perwujudan upaya Apple untuk membantu para pemprogram dan pengembang aplikasi mempersiapkan diri di dunia kerja.
Foto: Saudi Gazette
Apple mengumumkan peluncuran pusat pelatihan pengembangan khusus wanita di Arab Saudi. Akademi tersebut merupakan perwujudan upaya Apple untuk membantu para pemprogram dan pengembang aplikasi mempersiapkan diri di dunia kerja.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Dorongan eksplorasi perempuan terhadap sains memungkinkan para insinyur perminyakan perempuan Saudi muda untuk mengejar hasrat mereka dan memberdayakan generasi masa depan. Arab Saudi terkenal sebagai pengekspor minyak terbesar di dunia dan negara anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak terbesar kedua, meliputi 2 juta km persegi Semenanjung Arab.

Menurut Otoritas Umum Statistik, Arab Saudi melihat peningkatan 10,8 persen dalam kegiatan terkait minyak pada kuartal keempat tahun 2021 saja.

Baca Juga

“Tumbuh dengan kedua orang tua yang bekerja di industri minyak, saya mendengar cerita tentang penemuan sumur komersial pertama, No. 7, pada tahun 1930-an, yang biasa disebut Sumur Kemakmuran, dan bagaimana hal itu mengubah Arab Saudi menjadi negara yang makmur adalah hari ini,” ujar insinyur perminyakan berusia 26 tahun, Reem Al-Sadoun seperti dilansir dari laman Arab News, Selasa (1/3/2022).

Dia memperoleh gelar sarjana teknik perminyakan dari University of New South Wales pada tahun 2018 melalui pendanaan dari Program Gelar Perguruan Tinggi Saudi Aramco untuk Non-Karyawan sebelum memulai karirnya di Saudi Aramco.

Al-Sadoun mengatakan kepada Arab News dia telah memiliki ketertarikan pada matematika dan sains selama yang dia ingat, yang mengarah pada studi dan karirnya di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika.

“Sejak bergabung dengan Saudi Aramco tiga tahun lalu, saya telah menjadi sukarelawan aktif di bagian Society of Petroleum Engineers — Kerajaan Arab Saudi, saat ini bagian SPE terbesar di dunia.”

Ketika tiba saatnya untuk memilih jurusannya, Al-Sadoun membuat keputusannya berdasarkan fakta bahwa energi ada di sekitar kita dan produk sampingannya mendorong ekonomi global.

Baginya, wanita yang membuat kemajuan di berbagai industri di bawah Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman bukanlah hal yang mengejutkan.

Al-Sadoun mengatakan kepada Arab News,“Reformasi Visi 2030 meningkatkan keterwakilan perempuan dan menciptakan segudang peluang yang saya yakini akan terus menumbuhkan partisipasi perempuan dalam sains, yang pada gilirannya akan menghasilkan keuntungan sosial dan ekonomi besar-besaran bagi ekonomi Saudi secara keseluruhan. ”

Dia mengatakan sebagai perempuan mewakili setengah dari populasi, memberdayakan mereka berarti pemberdayaan bangsa. Kerajaan telah mendorong pemberdayaan yang setara dari kaum muda saat ini, generasi demi generasi, dan terus mengarahkan tenaga kerja untuk berkontribusi pada kekayaan negara.

“Industri minyak dan gas didorong oleh kekuatan pasar dari penawaran dan permintaan, dan terbukti bahwa permintaan energi dunia hanya akan terus meningkat,” ujarnya.

Permintaan ini dapat dipenuhi oleh para insinyur perminyakan. Namun, peran seorang insinyur perminyakan juga berubah, yang menghadirkan lebih banyak peluang bagi insinyur wanita masa depan.

"Secara historis kami telah memperhatikan ekstraksi dan produksi hidrokarbon. Baru-baru ini peran ini juga diperluas ke pengembangan metode untuk menangkap dan menyimpan karbon dioksida untuk mengurangi emisi atmosfer dari gas rumah kaca,” tambah Al-Sadoun.

Ketika ditanya tentang ambisinya untuk generasi muda, Al-Sadoun mengatakan dia berharap semua wanita muda yang ragu-ragu untuk mengeksplorasi karir di bidang sains akan terus maju dan mewujudkan impian mereka. Dia menambahkan bahwa mereka harus mempengaruhi populasi wanita di seluruh dunia menjadi perubahan yang ingin kita lihat.

“Selain dukungan luar biasa yang saya terima dari negara saya, saya bersyukur memiliki dukungan tak terbatas dari keluarga dan teman-teman saya. Dan kesempatan dan penghargaan yang diberikan kepada saya oleh pekerjaan saya di Saudi Aramco dan oleh rekan-rekan insinyur perminyakan wanita saya, yang membuat saya menghargai jalur karir yang telah saya pilih dan kehidupan yang telah diciptakannya untuk saya, ” papar Al-Sadoun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement