Kamis 03 Mar 2022 05:17 WIB

Khofifah Kirim Cangkokan Pohon Buah Mentega ke Megawati

Mega kolektor pohon langka, dan buah mentega merupakan pohon langka.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Dokumen.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengirimkan hasil cangkokan pohon buah mentega yang tumbuh di halaman belakang Gedung Negara Grahadi kepada Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melalui Ketua DPR RI Puan Maharani. Menurut Khofifah, pohon buah mentega merupakan satu dari beberapa buah langka yang tumbuh di halaman belakang Grahadi. 

"Bu Mega kan kolektor pohon-pohon langka. Lalu saya tanya ke Mbak Puan, kalau berkenan saya akan kirim cangkokannya," ujar Khofifah usai menerima silaturahim Puan Maharani yang juga putri kandung Megawati di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (2/3/2022) malam.

Baca Juga

Biasanya, Khofifah menyuguhkan buah dari pohon langka untuk tamu maupun kerabat/ Beberapa waktu lalu, saat kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, buah mentega sedang tumbuh dan disuguhkan.

"Saat Mbak Puan malam ini ke sini juga sedang tumbuh. Tadi saya kupasin juga untuk Mbak Puan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Selain buah mentega, pada acara yang dikemas dengan makan malam santai tersebut Khofifah mempromosikan buah nanas PK-1 dari Kediri yang merupakan inovasi proyek percontohan Institut Pertanian Bogor (IPB). "Buah ini tanpa dikupas kulitnya dan tidak ada bijinya. Jadi, langsung dibelah dan diiris biasa. Buah ini diekspor ke Singapura, Korea Selatan, dan Jepang," kata dia.

Tak itu saja, buah lokal seperti durian asal Pasuruan dan melon asal Sidoarjo yang berbentuk bulat, kubus, dan hati (love) juga menjadi suguhan untuk Puan Maharani yang datang didampingi rombongan. "Untuk makanannya khas Jatim, seperti lodeh ikan pe dan rawon. Semoga Mbak Puan berkenan," tutur Khofifah.

Turut hadir mendampingi Gubernur, para pejabat Forkopimda seperti Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto. Sedangkan, rombongan pendamping Puan Maharani yang hadir anggota DPR RI Puti Guntur Soekarno, Ahmad Basarah, dan Indah Kurnia.

Tampak Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta mantan wali kota Surabaya Wisnu Sakti Buana. Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani berterima kasih dan mengapresiasi sambutan serta jamuan makan malam yang disuguhkan Khofifah. 

Puan mengatakan, tidak ada acara apapun, kecuali makan malam santai. Kemarin dan hari ini, Puan mengatakan, ia sudah berkeliling di Surabaya, Lamongan, dan Gresik. 

“Terima kasih sambutan yang hangat dari Ibu Gubernur Jatim, bahkan saat di bandara dijemput Ibu Khofifah. Makanya saya selalu menganggap Surabaya itu seperti rumah sendiri, karena Bung Karno lahir dan besar di Surabaya serta dimakamkan di Jatim. Yang spesial lagi, baru kali ini bisa foto resmi berdua bersama Ibu Khofifah meski dulu pernah dalam satu kabinet," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement