Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari Pangkas Risiko Alzheimer

Kamis 03 Mar 2022 01:44 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Jalan kaki (ilustrasi). Ketika kebugaran meningkat, risiko Alzheimer berkurang. Risiko itu bisa dipangkas dengan 15 menit berjalan kaki setiap hari.

Jalan kaki (ilustrasi). Ketika kebugaran meningkat, risiko Alzheimer berkurang. Risiko itu bisa dipangkas dengan 15 menit berjalan kaki setiap hari.

Foto: www.piqsels.com
Jalan kaki secara teratur dapat pangkas risiko terkena Alzheimer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Faktor genetik dan gaya hidup diduga kuat ikut berperan. Menurut para ahli di Washington DC VA Medical Center di Amerika Serikat, setengah jam berjalan kaki selama lima hari dalam sepekan atau 15 menit berjalan kaki setiap hari dapat memangkas hingga sepertiga risiko Alzheimer.

Kesimpulan penelitian tersebut telah dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-74 Seattle American Academy of Neurology. Para ilmuwan meyakini, orang yang mempertahankan skala kebugaran yang layak diyakini 33 persen lebih kecil kemungkinan terkena Alzheimer.

Baca Juga

Selain itu, para ahli menemukan bahwa ketika kebugaran meningkat, risiko Alzheimer berkurang, meski perubahannya tidak proporsional. Oleh karena itu, seseorang dapat bekerja untuk meningkatkan tingkat kebugaran mereka demi menurunkan risiko gangguan progresif di tahap selanjutnya dalam kehidupan.

Untuk mencapai kesimpulan ini, peneliti melibatkan 649.605 dokter hewan militer berusia rata-rata 61 tahun. Pada awal penelitian ini, tidak ada peserta yang menderita Alzheimer.

Mereka dipantau selama periode sembilan tahun. Peserta dibagi menjadi lima kelompok tingkat kebugaran dasar, variabel yang ditentukan berdasarkan kinerja peserta dalam tes treadmill.

Untuk orang dewasa paruh baya dan lebih tua, tingkat kebugaran tertinggi dapat dicapai dengan jalan cepat hampir setiap hari dalam sepekan dengan durasi 2,5 jam ke atas per pekan.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA